visitaaponce.com

Malaysia Sunat Hukuman Mantan Perdana Menteri Najib Razak

Malaysia Sunat Hukuman Mantan Perdana Menteri Najib Razak
Hukuman eks PM Najib Razak tersisa 6 tahun.(AFP)

MALAYSIA telah mengurangi separuh hukuman mantan Perdana Menteri Najib Razak yang tersangkut skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang bernilai miliaran dolar. Hukumannya pun tersisa enam tahun dari vonis 12 tahun penjara.

"Najib akan dibebaskan pada 23 Agustus 2028, dan denda hanya dikenakan 50 juta ringgit atau Rp165 miliar dari sebelumnya 210 juta ringgit atau Rp696 miliar," ungkap pernyataannya dewan pengampunan pada Jumat (2/2).

Jika dia gagal membayar denda, maka hukuman penjara ditambah satu tahun. Najib, perdana menteri pertama dalam sejarah negara itu yang dipenjara, masih tersangkut sejumlah kasus turunan dari skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Baca juga : Alasan Kesehatan, Sidang Najib Razak Dipercepat

Program itu dia dirikan dengan dalih untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Namun para penyelidik mengatakan anggarannya dijarah untuk membeli kapal superyacht Equanimity, properti kelas atas, dan membiayai produksi film The Wolf of Wall Street yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

Total kerugian Malaysia akibat skandal ini sekitar US$4,5 miliar atau Rp70 triliun dengan sebagiannya bermuara di rekening yang terkait dengan Najib.

Kasus ini diungkap Malaysia dengan menggandeng Amerika Serikat. Najib dibebaskan dari kasus mengganggu audit skandal 1MDB.

Baca juga : Mantan PM Najib Razak Berpeluang Dapat Remisi Tahanan

Dia malah melemparkan tuduhan kepada Jho Low, pemodal Malaysia yang kini buron sebagai dalang dari mega korupsi ini. Najib mengajukan permohonan pengampunan kerajaan pada Agustus 2022 tak lama setelah pengadilan pertama memvonisnya 12 tahun penjara yang dikuatkan pengadilan tertinggi Malaysia.

Dewan yang diketuai Raja Malaysia itu tidak memberikan alasan pengurangan hukuman Najib. Raja Malaysia dapat mengampuni terpidana sesuai kewenangan yang diberikan oleh konstitusi federal.(Aljazeera/Z-4)

Baca juga : Dibui 12 Tahun, Najib Ungkit Jasa untuk Malaysia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat