visitaaponce.com

Israel Mengeklaim Temukan Terowongan Sandera di selatan Gaza

Israel Mengeklaim Temukan Terowongan Sandera di selatan Gaza
Ilustrasi: Salah satu terowongan yang diduga pernah digunakan Hamas(JACK GUEZ / AFP))

Militer Israel mengatakan mereka telah menemukan dan menghancurkan sebuah terowongan yang digunakan oleh para pemimpin senior Hamas untuk menyekap para sandera di kota utama Khan Yunis di Gaza selatan.

Pasukan khusus menemukan apa yang mereka sebut sebagai "terowongan bawah tanah strategis" yang membentang lebih dari satu kilometer (lebih dari setengah mil).

Kota tersebut – rumah persembunyian bagi pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar – telah menjadi fokus pemboman intensif dalam beberapa pekan terakhir, ketika Israel berupaya memburu dalang serangan mematikan pada 7 Oktober lalu.

Baca juga : Perawat Israel Bantu Sandera Lanjut Usia di Terowongan Bawah Tanah

Israel Mengeklaim Menemukan Terowongan Sandera di selatan Gaza, dengan dinding ubin dan jeruji baja dari lantai hingga langit-langit.

“Terowongan ini untuk menyekap sekitar 12 sandera pada waktu yang berbeda; tiga di antaranya telah dikembalikan ke Israel, dan sisanya masih ditahan di Gaza,” bunyi pernyataan tersebut.

Tentara tidak memberikan rincian sandera mana yang ditahan di sana. “Terowongan tersebut, yang dibangun di tengah kawasan permukiman sipil ni  memiliki kamar mandi, dapur, dan tempat istirahat bagi para militan, dan merupakan bagian dari labirin bawah tanah yang rumit dan saling berhubungan,” tambahnya.

Baca juga : Ibu Warga Prancis yang Disandera Hamas Mohon kepada Netanyahu

"Terowongan itu digunakan untuk menyembunyikan para petinggi organisasi teroris Hamas dan untuk menyandera dan dihubungkan dengan terowongan lain yang baru-baru ini ditemukan di mana para sandera lainnya ditahan,” katanya.(AFP/M-3)

 

 

Baca juga : Israel Sebut Lima Sandera Tewas di Terowongan Gaza

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat