visitaaponce.com

Pemilu Pakistan, Khan Dipenjara dan Sharif Diprediksi Menang

Pemilu Pakistan, Khan Dipenjara dan Sharif Diprediksi Menang
Seorang pria memberikan suaranya untuk memilih di tempat pemungutan suara pada pemilu nasional Pakistan di Lahore pada 8 Februari 2024.(AFP/Arif Ali)

JUTAAN warga Pakistan mulai memberikan suaranya pada Kamis (8/2) dalam pemilu yang warnai tuduhan kecurangan, karena politisi paling populer di negara itu dipenjara dan kandidat yang didukung militer diperkirakan akan menang.

Pihak berwenang mengatakan mereka menghentikan layanan telepon seluler di seluruh negeri selama pemungutan suara, untuk menjaga hukum dan ketertiban menyusul kampanye pemilu yang menelan korban jiwa, termasuk dua ledakan pada hari Rabu yang menewaskan 28 orang.

Para lembaga jajak pendapat memperkirakan rendahnya jumlah pemilih dari 128 juta pemilih yang memenuhi syarat di negara itu, akibat kampanye pemilu yang lesu yang dibayangi oleh pemenjaraan mantan perdana menteri Imran Khan, dan melemahnya partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) dibandingkan partai yang dipimpin militer. .

Baca juga : 25 Orang Tewas Dalam Serangan Teroris di Pakistan Jelang Pemilu 

Calon presiden Pakistan Nawaz Sharif (kiri), Bilawal Bhutto Zardari (tengah), dan Imran Khan. Pakistan akan mengadakan pemilu pada tanggal 8 Februari 2024 dalam pemilu yang oleh para pengamat hak asasi manusia disebut sebagai pemilu yang sangat cacat, dengan politisi paling karismatik di negara itu mendekam di penjara dan dilarang ambil bagian. Negara yang memiliki senjata nuklir dan berpenduduk 240 juta jiwa ini menampilkan dirinya sebagai negara demokrasi terbesar kelima di dunia, namun tuntutan hukum terhadap mantan perdana menteri Imran Khan mempertanyakan klaim tersebut. (AFP/Arif ALI /AAMIR QURESHI)

 

Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) diperkirakan akan memenangkan kursi terbanyak dalam pemungutan suara hari Kamis (8/2) dan para analis mengatakan pendirinya Nawaz Sharif 74, telah mendapat restu dari para jenderal.

Tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 8:00 pagi waktu setempat dan dijadwalkan tutup pada pukul 18:00.

“Saya berdoa pagi ini, lalu saya menjemput saudara laki-laki saya dan kami datang untuk memberikan suara kami,” kata Zaeem Khan, 40, di luar tempat pemungutan suara di Sekolah Tinggi Teknologi Pemerintah di Lahore.

Baca juga : Pendukung Hadir Sukarela, Anies: Orang Bayaran Kena Panas Lumer

Para pejabat telah mengerahkan lebih dari 650.000 personel tentara, paramiliter dan polisi untuk memberikan keamanan pada pemilu yang sudah dirusak oleh kekerasan.

“Telah diputuskan untuk menghentikan sementara layanan seluler di seluruh negeri,” kata juru bicara kementerian dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara tersebut mengatakan nyawa yang berharga telah hilang dalam serangan militan baru-baru ini di Pakistan dan langkah-langkah keamanan sangat penting untuk menjaga situasi hukum dan ketertiban serta untuk menghadapi potensi ancaman.

Baca juga : Tatkala Influencer Ragu Harus Pilih Capres Nomor Berapa

Pada Rabu kemarin, sedikitnya 28 orang tewas dan lebih dari 30 orang terluka akibat dua ledakan bom di luar kantor kandidat di Pakistan barat daya, dalam serangan yang diklaim beberapa jam kemudian dilakukan oleh kelompok ISIS.

Kementerian luar negeri mengatakan perbatasan darat dengan negara tetangga Iran dan Afghanistan akan ditutup untuk semua lalu lintas pada hari Kamis sebagai tindakan keamanan.

Angka pemilu ini sangat mengejutkan di negara yang memiliki senjata nuklir dan berpenduduk 240 juta jiwa, merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar kelima di dunia.

Baca juga : Dua Ledakan Bom Tewaskan 24 Orang Menjelang Pemilu di Pakistan

Hampir 18.000 kandidat mencalonkan diri untuk mendapatkan kursi di dewan nasional dan empat dewan di tingkat provinsi, dengan 266 kursi diperebutkan secara langsung di dewan perwakilan rakyat, yakni 70 kursi tambahan diperuntukkan bagi perempuan dan kelompok minoritas dan 749 kursi di parlemen daerah.

Tabel Berbalik

Pemilu pada Kamis (8/2) ini memiliki suasana yang mirip dengan pemilu tahun 2018, namun situasinya terbalik.

Kemudian, Sharif yang didiskualifikasi dari pencalonan karena serangkaian tuduhan korupsi, sementara Khan meraih kekuasaan dengan dukungan militer serta dukungan tulus.

Baca juga : 25 Orang Tewas akibat Serangan Teroris di Pakistan

“Sejarah pemilu Pakistan diwarnai dengan tuduhan kecurangan namun juga adanya favoritisme bagi sebuah partai politit, tahun 2018 menunjukkan keadaan yang sangat mirip,” kata Bilal Gilani, direktur eksekutif kelompok pemungutan suara Gallup Pakistan.

“Ini adalah demokrasi terkelola yang dijalankan oleh militer,” sebutnya.

Berbeda dengan pemilu sebelumnya, pihak oposisi telah melarang simbol pemilu mereka, dengan menghapuskan PTI dari kotak suara dan memaksa kandidat yang terpilih dari PTI untuk mencalonkan diri sebagai calon independen.

Baca juga : Presiden Jokowi Tegaskan tidak akan Ikut Kampanye

Pekan lalu Khan, mantan pemain kriket internasional yang memimpin Pakistan meraih kemenangan di Piala Dunia 1992, telah dijatuhi hukuman penjara yang lama karena pengkhianatan, korupsi dan pernikahan ilegal.

Para pengamat mengatakan pembunuhan karakter tersebut menunjukkan betapa khawatirnya pihak militer bahwa kandidat-kandidat yang dipilih PTI masih bisa menjadi faktor penentu dalam pemilu hari Kamis.

Jika Sharif tidak memenangkan mayoritas penguasa, ia kemungkinan besar masih akan mengambil alih kekuasaan melalui koalisi dengan satu atau lebih mitra juniornya, termasuk Partai Rakyat Pakistan (PPP), dinasti lain yang dikelola keluarga yang kini dipimpin oleh Bilawal Bhutto-Zardari.

Baca juga : Hadiri Kampanye Akbar AMIN, Gerakan Rakyat untuk Perubahan Siap Long March ke JIS

Lembaga survei mengatakan pemilu ini telah membuat masyarakat berada dalam kondisi paling putus asa dalam beberapa tahun terakhir.

"Siapa pun yang menang akan mengambil alih negara yang terpecah belah,” kata para pengamat yang berada di negara perekonomiannya sedang terpuruk.

Inflasi melonjak hampir 30 persen, rupee telah terjun bebas selama tiga tahun dan defisit neraca pembayaran telah membekukan impor, sehingga sangat menghambat pertumbuhan industri. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat