visitaaponce.com

Hasil Investigasi Ungkap Israel Bunuh Warganya di Gaza

Hasil Investigasi Ungkap Israel Bunuh Warganya di Gaza
Para pengunjuk rasa mengangkat bendera Palestina saat mereka berunjuk rasa di ibu kota Sanaa yang dikuasai Houthi, Jumat (9/2/2024).(AFP/Mohammed Huwais)

TENTARA Israel atau IDF menyelesaikan investigasi atas kematian seorang sandera Hamas bulan lalu. Penyebabnya ialah serangan udara Israel yang menargetkan satu rumah di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah.

"Angkatan udara Israel tidak akan menyerang rumah di kamp Nuseirat seandainya mereka mengetahui keberadaan sandera bernama Yossi Sharabi di sasaran," ungkal seorang sumber di IDF yang dikutip media Israel Channel 13.

Meskipun Sharabi terbunuh dalam serangan udara tentara Israel, lembaga penyiaran tersebut mengutip pernyataan resmi dari Tel Aviv yang mengklaim bahwa Sharabi dibunuh oleh pejuang Hamas.

Baca juga : Perawat Israel Bantu Sandera Lanjut Usia di Terowongan Bawah Tanah

Sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, telah mengatakan bahwa beberapa sandera Israel telah terbunuh atau terluka dalam serangan tentara di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Desember lalu, tentara mengakui bahwa tiga sandera Israel yang ditawan oleh Hamas dibunuh oleh tembakan rudal karena kesalahan identifikasi.

Hamas diyakini menyandera hampir 136 warga Israel di wilayah yang diblokade setelah serangan lintas batas pada 7 Oktober.

Baca juga : Ibu Warga Prancis yang Disandera Hamas Mohon kepada Netanyahu

Terlepas dari keputusan sementara Mahkamah Internasional, Israel terus melakukan serangan gencar di Jalur Gaza. Setidaknya 27.947 warga Palestina terbunuh. Sebagian besar ialah wanita dan anak-anak dan 67.459 orang terluka sejak 7 Oktober, menurut otoritas kesehatan Palestina. Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.

Serangan Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. Sekitar 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut rusak atau hancur, menurut PBB. (Anadolu/Z-2)

Baca juga : Israel Sebut Lima Sandera Tewas di Terowongan Gaza

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat