visitaaponce.com

Gedung Putih Harap Pemilu Indonesia Berjalan Lancar

Gedung Putih Harap Pemilu Indonesia Berjalan Lancar
Ilustrasi Gedung Putih(AFP)

Pemerintah Amerika Serikat (AS) berharap pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2024 di Indonesia berlangsung aman, bebas dan adil. Harapan tersebut disampaikan juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby.

“Kami ingin mereka mendapatkan pemilu yang bebas dan adil. Kami ingin aspirasi dan suara masyarakat Indonesia menjadi penting,” ujar Kirby.

Ia berpandangan demokrasi di Indonesia adalah demokrasi yang dinamis, sehingga pihaknya berharap dapat melihat warga datang ke TPS, menentukan pilihan mereka, dan membuat suara mereka didengar.

Baca juga : Aktivis 98 Berharap Pemilu Hasilkan Pemimpin yang Mampu Jaga Demokrasi

Lebih dari 50 negara menyelenggarakan pemilihan umum pada 2024, tetapi pemilu di Indonesia disebut-sebut sebagai yang terbesar dan terumit. Tidak saja karena banyaknya jumlah pemilih tetapi juga luasnya cakupan pemilu dalam satu hari, yaitu pilpres dan pileg.

Berdasarkan laporan KPU, jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT KPU untuk Pemilu 2024 adalah 204.807.222 pemilih yang terdiri dari pemilih di dalam negeri 203.056.748 orang dan pemilih di luar negeri 1.750.474 orang. (VoA/Z-11)

Baca juga : Penyelenggaraan Pemilu 2024 Disebut Terburuk di Era Reformasi, Begini Indikasinya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat