visitaaponce.com

Yaman Tembak Jatuh Pesawat MQ-9 Milik AS, Karamkan Kapal Inggris

Yaman Tembak Jatuh Pesawat MQ-9 Milik AS, Karamkan Kapal Inggris
Sebuah pesawat berawak jarak jauh (RPA) MQ-9 Reaper terbang selama misi pelatihan di Nevada, AS, beberapa waktu lalu.(AFP/Getty Images)

ANGKATAN bersenjata Houthi Yaman menembak jatuh pesawat militer MQ-9 milik Amerika Serikat, serta menenggelamkan kapal Rubymar milik Inggris, pada Senin (19/2) malam ini.

Peristiwa tersebut terjadi di dua tempat yang berbeda. Jatuhnya pesawat AS terjadi di Hudaydah dan karamnya kapal Inggris terjadi di Teluk Aden.

"Di Hudaydah, dengan pertolongan Allah, pertahanan udara Yaman berhasil menembak jatuh pesawat Amerika (MQ-9) dengan rudal yang tepat saat melakukan tugas agresif terhadap negara kami demi kepentingan rezim Zionis," kata Jenderal Yahya Saree, juru bicara Houthi Yaman dalam pernyataan persnya dikutip dari Telegram.

Baca juga : 4 Hal Tentang Pasukan Houthi di Yaman

 

Infografis. (Sumber : AFP)

 

Baca juga : AS Luncurkan Lima Serangan Baru terhadap Sistem Senjata Houthi


Houthi menyatakan, kapal Rubymar mengalami kerusakan parah yang menyebabkan kapal itu lumpuh total, dan terancam tenggelam di Teluk Aden.

"Kami memastikan keluarnya awak kapal dengan selamat selama operasi," ujar Jenderal Yahya Saree.

Yahya menegaskan, pihaknya tidak akan ragu untuk mengambil tindakan militer lebih lanjut dan melaksanakan operasi yang lebih berkualitas terhadap semua target musuh, sebagai bentuk pertahanan atas Yaman yang terhormat dan sebagai dukungan yang tegas terhadap rakyat Palestina.

Baca juga : Houthi Yaman Klaim Serangan Terbaru terhadap Kapal Inggris di Laut Merah

Sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Palestina di Jalur Gaza yang masih menghadapi agresi dan pengepungan hingga saat ini, dan sebagai bentuk tanggapan terhadap agresi Amerika-Inggris terhadap negara kita. Operasi Angkatan Bersenjata Yaman di Laut Merah dan Arab tidak akan berhenti sampai agresi dan pengepungan terhadap Gaza dihentikan," pungkasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat