visitaaponce.com

Jepang Siapkan Bantuan Rp499 Miliar untuk Warga Palestina

Jepang Siapkan Bantuan Rp499 Miliar untuk Warga Palestina
Ilustrasi(AFP)

Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk memberikan bantuan kemanusiaan tambahan senilai US$32 juta atau sekitar Rp499 miliar untuk warga sipil yang berada di Jalur Gaza, Palestina. Rencana tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa pada Pertemuan Tingkat Menteri G20 di Rio de Janeiro, Brazil dan dilaporkan Kyodo, Kamis (22/2).

Bantuan tersebut rencananya akan diberikan melalui lembaga-lembaga internasional namun tidak akan diberikan melalui Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat.

Sebelumnya, pada Oktober dan November tahun lalu, Jepang mengumumkan rencana untuk menawarkan bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza masing-masing sebesar US$10 juta atau sekitar Rp156 miliar dan US$65 juta atau Rp1,01 triliun.

Baca juga : ASEAN-Jepang Desak Dibuka Akses Bantuan Kemanusiaan di Gaza Seluas-Luasnya

Pada pertemuan tersebut, Kamikawa menyuarakan keprihatinan seriusnya mengenai situasi kritis Palestina yang tengah dibombardir dan dikepung Israel.

Kamikawa juga meminta semua pihak untuk bertindak berdasarkan sudut pandang kemanusiaan dalam menyikapi kondisi yang ada.

Lebih lanjut, Kamikawa juga mengecam invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina yang dilancarkan pada Februari 2022 lalu. Ia menyebutnya sebagai tindakan keterlaluan yang mengguncang landasan kerja sama G20 dan tantangan serius terhadap supremasi hukum. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat