visitaaponce.com

Australia Berjibaku Padamkan Kebakaran karena Cuaca Ekstrem

Australia Berjibaku Padamkan Kebakaran karena Cuaca Ekstrem
Petugas pemadam kebakaran di Australia berupaya memadamkan api.(AFP)

Petugas pemadam kebakaran di negara bagian Victoria dan Tasmania, Australia, berjibaku menghadapi kebakaran di beberapa tempat. Api sangat cepat menyebar karena cuaca ekstrem.

"Kami memiliki sekitar 20 pesawat, 12 awak dari Sustainable Timber Tasmania, dan 10 awak Dinas Pemadam Kebakaran Tasmania di lapangan yang berupaya memadamkan api. Namun, api masih belum bisa dikendalikan," ujar Wakil Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tasmania (TFS) Matt Lowe.

Kendala utama dalam penanganan api adalah angin kencang yang terus bertiup serta vegetasi kering yang begitu mudah terbakar.

Baca juga : Ribuan Warga Australia Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Victoria

Juru bicara Pusat Pengendalian Negara Luke Hegarty pun sudah meminta seluruh masyarakat yang tinggal di daerah sekitar untuk segera meninggalkan tempat.

"Kebakaran hutan yang tidak terkendali di Komunitas Dee dan sekitarnya diperkirakan akan membahayakan nyawa dan mungkin menghancurkan rumah-rumah," ucapnya.

Begitu pula di Victoria. Pemerintah setempat sudah mengimbau masyatakat untuk pindah ke tempat yang lebih aman.

"Kami telah memperingatkan masyarakat yang tinggal di Bayundeen, Buangor, Glenlogie, Middle Creek, dan Mount Cole untuk segera pergi, karena api menyebar ke wilayah sekitarnya," tutur Hegarty. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat