visitaaponce.com

Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva Ulangi Pernyataan Israel Lakukan Genosida di Gaza

Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva Ulangi Pernyataan Israel Lakukan Genosida di Gaza
Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva kembali menuduh Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina, seperti Holocaust Nazi.(AFP)

PRESIDEN Brasil Luiz Inácio Lula da Silva kembali menuduh Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina. Ia mengulangi pernyataannya itu dan kembali membandingkan serangan militer Israel di Gaza dengan Holocaust Nazi.

"Apa yang dilakukan pemerintah Israel bukanlah perang, melainkan genosida. Anak-anak dan wanita dibunuh," kata Lula di X.

Dia mengaku tidak akan menarik pernyataannya itu dengan alasan ingin menujukan posisikan dalam konflik Israel-Hamas itu. 

Baca juga : Lula dan Blinken Bertemu, Setelah Brasil Sebut Israel Lakukan Holocaust di Gaza

Dia membandingkan tindakan Israel di Gaza dengan Holocaust Nazi, yang menewaskan 6 juta orang Yahudi selama Perang dunia II.

Sebelum mengulanginya, Israel telah menyatakan Lula berstatus persona non grata, memanggil duta besar Brazil dan menuntut permintaan maaf. Sebagai pembalasan, Lula menarik duta besar Brazil untuk Israel.

Israel dengan keras menolak klaim genosida, dengan mengatakan bahwa perangnya menargetkan kelompok militan Hamas, bukan rakyat Palestina. 

Mereka menganggap Hamas bertanggung jawab atas kematian warga sipil, dengan alasan bahwa kelompok tersebut beroperasi dari wilayah sipil. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat