visitaaponce.com

Hujan Bantuan di Langit Gaza

Hujan Bantuan di Langit Gaza
Negara-negara Arab dan Amerika Serikat mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui udara akibat jalur darat dihalangi Israel.(AFP)

UNI Emirat Arab (UEA) telah melakukan penerjunan bantuan kemanusiaan kedua di Jalur Gaza bekerja sama dengan Mesir. Sejak pekan lalu negara-negara Arab dan Amerika Serikat (AS) mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui udara akibat jalur darat dihalangi Israel.

“Operasi kedua untuk menjatuhkan bantuan kemanusiaan dan pertolongan dilakukan oleh pesawat Angkatan Udara Emirat dan Mesir di Gaza utara untuk meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina,” kata kementerian pertahanan UEA dalam sebuah pernyataan.

Tim gabungan dari kedua negara melaksanakan operasi penurunan kedua, menggunakan tiga pesawat yang membawa 42 ton makanan dan bantuan medis ke Gaza utara.

Baca juga : 4 Negara Arab Tegaskan Sikap soal Agresi Israel di Jalur Gaza

Sejak pekan lalu, Mesir, UEA, Yordania, Qatar, Oman, dan Bahrain terus melanjutkan operasi gabungan untuk mengirimkan bantuan pangan ke wilayah kantong yang dilanda perang tersebut.

Israel telah melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023. Pemboman Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan sedikitnya 30.631 orang dan melukai 72.043 lainnya dengan kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. (Anadolu/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat