visitaaponce.com

Polisi Korea Selatan Periksa Dokter Pertama Kali Terkait Aksi Protes

Polisi Korea Selatan Periksa Dokter Pertama Kali Terkait Aksi Protes
Polisi Korea Selatan memanggil seorang dokter untuk pertama kalinya terkait mogok massal dokter muda(AFP)

POLISI Korea Selatan pada Rabu memanggil seorang dokter untuk diperiksa, yang pertama kali dipanggil terkait dengan pemogokan massal dokter muda yang telah membuat rumah sakit menjadi kacau balau.

Ribuan dokter muda berhenti bekerja sekitar dua minggu yang lalu untuk memprotes rencana pemerintah untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa kedokteran guna mengatasi masyarakat Korea yang cepat menua.

Pemerintah menyebut pemogokan kerja ilegal dan setelah batas waktu 29 Februari berlalu tanpa adanya kembalinya dokter secara massal, Seoul mengatakan sedang bergerak untuk menangguhkan izin praktik dokter yang melakukan pemogokan dan meminta penyelidikan terhadap para pengorganisir.

Baca juga : Resign Massal Dilakukan 10 Ribu Dokter di Korsel

Asosiasi Medis Korea, yang berada di garis depan protes, mengklaim reformasi tersebut akan merusak kualitas layanan, dan kantornya telah digeledah, dengan anggota puncaknya diadili atas pelanggaran hukum medis dan diberlakukan larangan bepergian.

Joo Soo-ho dari Asosiasi Medis Korea dituduh "membantu dan mendukung" protes dan muncul di Kantor Kepolisian Metropolitan Seoul untuk diperiksa pada hari Rabu.

"Saya datang ke sini dengan tenang karena secara harfiah saya tidak punya apa-apa untuk disembunyikan, atau alasan untuk menyembunyikan," kata dokter berusia 65 tahun itu kepada wartawan sebelum masuk.

Baca juga : 'A Night with Pyfaesthetic' Digelar untuk Tingkatkan Pengetahuan Dermatologis

"Iklan penyelidikan tidak dapat dibuktikan karena kami tidak pernah menghasut" dokter muda untuk berhenti secara massal, katanya.

Dia mengatakan protes dokter "non-violent" dan mendesak pemerintah untuk menarik "keteguhannya" dan bernegosiasi.

Pemeriksaan pada Rabu adalah penyelidikan polisi pertama terhadap personel medis terkait dengan pemogokan yang sedang berlangsung oleh dokter muda.

Baca juga : Pyfaesthetic dan JMBiotech Undang Dermatologis dan GP Aesthetic ke Korsel

Meskipun ada ancaman penangguhan izin, dokter muda yang mogok tidak kembali bekerja dalam skala yang signifikan, menunjukkan data pemerintah.

Hingga Senin, hampir 9.000 dokter muda masih melakukan pemogokan, menurut data resmi, jumlah yang tidak banyak berubah selama dua minggu terakhir.

Pemerintah berupaya untuk meningkatkan penerimaan 2.000 mahasiswa baru ke sekolah kedokteran setiap tahun mulai tahun depan untuk mengatasi apa yang disebutnya sebagai salah satu rasio dokter terhadap penduduk yang terendah di antara negara-negara maju.

Pemogokan massal telah merugikan rumah sakit, dengan perawatan dan operasi penting yang dibatalkan, memaksa pemerintah untuk meningkatkan peringatan kesehatan masyarakat ke tingkat tertinggi.

Sejumlah besar operasi yang dijadwalkan di beberapa rumah sakit besar telah dibatalkan sejak minggu lalu, menurut kementerian kesehatan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat