visitaaponce.com

Biden bakal Naikkan Pajak Perusahaan

Biden bakal Naikkan Pajak Perusahaan
Presiden AS Joe Biden (kanan) menyapaMenteri Dalam Negeri AS Debra Haaland setelah menyampaikan pidato kenegaraannya.( SHAWN THEW / POOL / AFP)

Dalam pidato kenegaraannnya di Gedung Capitol, hari ini, Presiden AS Joe Biden menyerukan pajak yang lebih tinggi bagi korporat. Ia juga berencana menurunkan harga obat-obatan dan mengupayakan keterjangkauan harga rumah.

Presiden berusia 81 tahun itu menguraikan agendanya dalam pidato tahunannya sebagai upaya untuk meredam kekhawatiran para pemilih menjelang Pemilu AS November nanti, sambil memuji pemulihan ekonomi negara terbesar di dunia tersebut.  

Meskipun Amerika Serikat menghindari prediksi resesi tahun lalu karena inflasi yang menurun, Biden kesulitan meyakinkan para pemilih mengenai isu-isu ekonomi.

Baca juga : Joe Biden Pamer Kemajuan Perekonomian AS

Namun,  dia mengatakan keyakinannya pada sesi pertemuan gabungan DPR dan Senat. “Sekarang perekonomian kita benar-benar membuat iri dunia. Lima belas juta lapangan kerja baru hanya dalam tiga tahun – sebuah rekor. Pengangguran berada pada titik terendah dalam 50 tahun,” katanya.

Selain menyerang rivalnya dari Partai Republik, Donald Trump, Biden juga memuji kisah kembalinya perekonomian AS di bawah kepemimpinannya.

Usulan ekonomi Biden adalah melanjutkan agenda Partai Demokrat sejak pemilihan presiden tahun 2020. Namun, agar ia dapat memberlakukan undang-undang tersebut (penaikan pajak bagi perusahaan), Partai Demokrat harus memenangkan mayoritas kuat di kedua kamar Kongres pada pemilu November nanti, sebuah situasi yang tampaknya tidak mungkin terjadi untuk saat ini.

"Sudah waktunya untuk menaikkan pajak minimum perusahaan menjadi setidaknya 21% sehingga setiap perusahaan besar akhirnya mulai membayar bagian mereka secara adil," tegasnya.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat