visitaaponce.com

UE Serukan Penghentian Blokade Bantuan untuk Warga Gaza

UE Serukan Penghentian Blokade Bantuan untuk Warga Gaza
Uni Eropa menyerukan Israel untuk membuka penyeberangan tambahan sehingga lebih banyak bantuan dapat mencapai Gaza.(AFP)

UNI Eropa (UE) menyerukan Israel untuk membuka penyeberangan tambahan sehingga lebih banyak bantuan dapat mencapai Gaza. UE telah meminta Israel untuk membuka penyeberangan tambahan selain koridor maritim Siprus sehingga lebih banyak bantuan dapat mencapai Gaza.

“Sambil mendukung koridor maritim Siprus, kami menyerukan Israel untuk membuka penyeberangan tambahan sehingga lebih banyak bantuan dapat mencapai Gaza, termasuk Utara, dan untuk meringankan pembatasan bea cukai secara keseluruhan”, kata Komisaris Manajemen Krisis UE Janez Lenarcic di media sosial.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan melindungi dan membantu warga sipil harus menjadi tugas nomor satu bagi Israel di Jalur Gaza. Ia mengatakan pesan itu setelah pertemuan virtual dengan para menteri AS mengenai koridor maritim baru untuk bantuan ke Gaza.

Baca juga : Uni Eropa: Kelaparan di Gaza sebagai Senjata Buatan Manusia

“Di mana ada kemauan, di situ ada jalan, Kami berharap kepada pemerintah Israel untuk memastikan hal ini menjadi prioritas. Melindungi warga sipil, memberikan bantuan yang mereka butuhkan, itu harus menjadi pekerjaan nomor satu, bahkan ketika mereka melakukan apa yang diperlukan untuk membela negara dan menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh Hamas,” kata Blinken.

Rencana pelabuhan bantuan Gaza yang dibangun AS disebut tanda kelemahan dunia internasional menghentikan invasi Israel. Itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Amnesti Internasional Agnes Callamard.

Menurut dia penyaluran bantuan ke Gaza yang dilanda perang dengan membangun pelabuhan atau melalui bantuan udara merupakan tanda ketidakberdayaan internasional. Callamard mengatakan tidak ada seorang pun yang meminta pertanggungjawaban Israel atas blokade pengiriman melalui darat. (France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat