visitaaponce.com

Meksiko dan Venezuela Sepakat Kirim Kembali Migran ke Amerika Serikat

Meksiko dan Venezuela Sepakat Kirim Kembali Migran ke Amerika Serikat
Meksiko dan Venezuela sepakat mengembalikan para migran yang menuju Amerika Serikat dengan janji bantuan uang dan pencarian pekerjaan. (AFP)

MEKSIKO mengumumkan mereka telah mencapai kesepakatan dengan Venezuela untuk mengirim kembali para migran yang menuju ke Amerika Serikat dengan janji bantuan uang dan bantuan dalam mencari pekerjaan.

Para migran akan memperoleh US$110 per bulan selama setengah tahun, serta bantuan dalam mencari pekerjaan melalui perusahaan-perusahaan Meksiko di Venezuela, kata Menteri Luar Negeri Alicia Barcena.

Kesepakatan yang dicapai dengan pemerintah Presiden Nicolas Maduro dinamai "Kembali ke Tanah Air," kata Barcena dalam konferensi pers.

Baca juga : Mahkamah Agung AS Mencabut Penangguhan UU Imigrasi Kontroversial Texas

Ribuan migran Venezuela berada di Meksiko, terutama di kota-kota di sepanjang perbatasan utara, dengan harapan untuk diberikan suaka di Amerika Serikat yang bersebelahan.

"Kami mengirimkan kembali orang Venezuela ke negara mereka karena kami benar-benar tidak mampu menangani jumlah ini," kata Barcena.

"Kami sudah berhasil mengirimkan kembali sejumlah besar orang Venezuela," tambahnya, tanpa memberikan angka yang spesifik.

Baca juga : Perbatasan Amerika Serikat-Meksiko Alami Lonjakan Kedatangan Pengungsi dan Migran

Meksiko memiliki kesepakatan serupa dengan Guatemala dan Honduras, dan berharap dapat melakukan hal yang sama dengan Kolombia dan Ekuador, katanya.

Ribuan migran yang melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan melintasi Meksiko setiap tahun menuju perbatasan Amerika Serikat.

Jumlah yang meningkat telah melampaui fasilitas imigrasi dan tempat perlindungan di kota-kota perbatasan Meksiko, dan menempatkan pemerintah di bawah tekanan yang meningkat dari Amerika Serikat untuk menangani masalah ini di tahun pemilihan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat