visitaaponce.com

Sekjen PBB Antonio Guterres akan Mengunjungi Perbatasan Gaza Pada Sabtu

Sekjen PBB Antonio Guterres akan Mengunjungi Perbatasan Gaza Pada Sabtu
Sekjen PBB Antonio Guterres akan mengunjungi kota Rafah di perbatasan Mesir-Gaza pada Sabtu.(AFP)

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres akan mengunjungi kota Rafah di perbatasan Mesir-Gaza pada Sabtu, untuk menegaskan kembali seruannya untuk gencatan senjata kemanusiaan dalam perang Israel-Hamas, kata juru bicaranya, Jumat.

"Guterres, yang saat ini berada di Brussels, akan tiba di Mesir pada Jumat malam untuk perjalanan solidaritas Ramadhan tahunannya yang dilakukan tahun ini di masa-masa penuh gejolak, dengan konflik di Gaza,” kata juru bicara Guterres, Farhan Haq.

Saat berada di sana, Sekjen PBB akan bertemu dengan para pekerja bantuan di wilayah Rafah, Mesir, yang terbagi menjadi dua bagian yaitu perbatasan dengan Jalur Gaza dan telah menjadi pintu gerbang utama bagi pasokan kemanusiaan untuk mencapai wilayah tersebut.

Baca juga : Palestina Tolak Pindahkan Titik Perbatasan Rafah Seperti Maunya Israel

Guterres juga akan mengunjungi rumah sakit di El-Arish, sebuah kota Mesir yang terletak dekat perbatasan Gaza.

Israel pekan ini mengancam akan melancarkan serangan di Rafah, wilayah Palestina, yang menurut Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan menjadi sebuah "kesalahan" yang "berisiko semakin mengisolasi Israel di seluruh dunia."

Sekitar 1,5 juta orang memadati Rafah, kota paling selatan Gaza, setelah hampir enam bulan pemboman Israel yang membuat wilayah tersebut bertekuk lutut.

Baca juga : Kanada Ungkap Evakuasi Pertama Warga Negaranya dari Gaza

Setidaknya 31.988 orang telah tewas di Gaza sejak dimulainya serangan Israel pada bulan Oktober, menurut kementerian kesehatan pimpinan Hamas di Gaza.

Perang tersebut dipicu oleh serangan militan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.160 orang – sebagian besar warga sipil – menurut hitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

"Dalam kunjungannya, Guterres akan mengulangi seruannya untuk gencatan senjata kemanusiaan dan membungkam senjata, khususnya di Gaza dan Sudan,” kata Haq.

Baca juga : Truk Bantuan untuk Gaza Kembali Tertahan di Mesir

Di Kairo ia diperkirakan akan berbuka puasa – makan malam yang menandai berakhirnya puasa Ramadhan – bersama para pengungsi yang meninggalkan Sudan karena konflik yang sedang berlangsung di sana.

Guterres kemudian akan melakukan perjalanan ke Amman di Yordania untuk mengunjungi fasilitas UNRWA.

UNRWA, badan PBB yang mendukung pengungsi Palestina, baru-baru ini dilanda kontroversi atas klaim Israel bahwa 12 dari 30.000 karyawannya terlibat dalam serangan Hamas pada 7 Oktober.

PBB sejak itu memecat para pegawai yang dituduh dan meluncurkan penyelidikan internal dan independen terhadap UNWRA. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat