visitaaponce.com

Pakar PBB Tuduh Israel Lakukan Genosida di Gaza

Pakar PBB Tuduh Israel Lakukan Genosida di Gaza
Francesca Albanese mengatakan ada indikasi jelas Israel telah melanggar tiga dari lima tindakan yang tercantum dalam Konvensi Genosida PBB(AFP)

SEORANG pakar hak asasi manusia (HAM) PBB pada Senin mengatakan ada alasan yang masuk akal untuk menentukan Israel telah melakukan beberapa tindakan genosida, dalam perangnya di Gaza, yang juga memicu pembersihan etnis.

Francesca Albanese, pelapor khusus PBB mengenai situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina, mengatakan ada indikasi jelas Israel telah melanggar tiga dari lima tindakan yang tercantum dalam Konvensi Genosida PBB.

“Besar dan skala serangan Israel terhadap Gaza serta kondisi kehidupan yang merusak yang ditimbulkannya mengungkapkan niat untuk menghancurkan secara fisik warga Palestina sebagai sebuah kelompok,” katanya dalam sebuah laporan, yang langsung ditolak Israel karena dianggap sebagai pembalikan yang tidak senonoh dari tindakan Israel dan realitas.

Baca juga : Waktu hampir habis untuk mencegah 'genosida' di Gaza

Albanese, seorang ahli independen yang ditunjuk Dewan HAM PBB tetapi tidak berbicara atas nama PBB, mengatakan dia telah menemukan "alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa ambang batas tersebut mengindikasikan dilakukannya... tindakan genosida terhadap warga Palestina di Gaza telah terpenuhi".

Laporan yang berjudul "Anatomy of a Genocide" (Anatomi Genosida) menyebutkan tindakan-tindakan tersebut sebagai berikut: "membunuh anggota kelompok; menyebabkan kerugian fisik atau mental yang serius terhadap anggota kelompok; dan dengan sengaja menimbulkan kondisi kehidupan kelompok yang diperkirakan akan mengakibatkan kehancuran fisik. seluruhnya atau sebagian”.

Tuduhan keterlaluan

Misi diplomatik Israel di Jenewa mengatakan negaranya sepenuhnya menolak laporan tersebut, dan menggambarkannya sebagai hanya perpanjangan dari kampanye yang berupaya melemahkan Israel serta berdirinya Negara Yahudi.

Baca juga : 6.000 Bom Israel di Palestina 6 Hari, Setara dengan Setahun Bom AS di Afghanistan

“Perang Israel adalah melawan Hamas, bukan melawan warga sipil Palestina,” katanya dalam sebuah pernyataan, mengecam tuduhan keterlaluan Albanese.

Israel telah lama mengkritik keras Albanese dan mandatnya.

Bulan lalu mereka memberlakukan larangan visa terhadapnya setelah dia membuat komentar yang menyangkal serangan Hamas pada 7 Oktober, yang memicu perang di Gaza, bersifat anti-Semit.

Baca juga : Butuh Puluhan Tahun untuk Kembali Membangun Gaza

Serangan itu mengakibatkan sekitar 1.160 kematian di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Militan juga menyandera sekitar 250 sandera, yang diyakini Israel sekitar 130 orang masih berada di Gaza, termasuk 33 orang diperkirakan tewas.

Pengeboman dan serangan darat Israel yang tiada henti di Gaza telah menewaskan lebih dari 32.300 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah Palestina yang dikuasai Hamas.

Baca juga : AS Ingin Gencatan Senjata Sementara di Gaza, Hamas Ogah

Afrika Selatan telah mengajukan pengaduan terhadap Israel ke Mahkamah Internasional, menuduh serangannya terhadap Gaza merupakan pelanggaran terhadap konvensi genosida.

Pengadilan belum memutuskan masalah mendasarnya, namun awal tahun ini memerintahkan Israel untuk melakukan segala yang bisa dilakukan untuk mencegah tindakan genosida selama kampanyenya dan juga untuk mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan.

Pembersihan etnis

Dalam laporan Albanese, yang akan disampaikannya kepada Dewan HAM pada Selasa, ia menyatakan tindakan genosida Israel diikuti dengan pernyataan niat genosida.

Baca juga : Sidang ICJ Soal Penjajahan Israel di Palestina Dimulai

Pernyataan beberapa pejabat senior Israel yang menguraikan niat untuk menggusur secara paksa warga Palestina dan mengganti mereka dengan pemukim Israel, katanya, menunjukkan perintah evakuasi dan zona aman telah digunakan sebagai alat genosida untuk mencapai pembersihan etnis.

Laporan tersebut juga menemukan Israel memperlakukan seluruh warga Palestina dan infrastruktur mereka sebagai 'teroris' atau 'pendukung teroris', sehingga mengubah segalanya dan semua orang menjadi sasaran atau kerusakan tambahan.

“Dengan cara ini, menurut definisi, tidak ada warga Palestina di Gaza yang aman,” katanya.

Baca juga : Pelapor PBB Serukan Embargo Senjata Terhadap Israel, Setop Genosida Gaza

“Hal ini mempunyai dampak yang menghancurkan dan disengaja, menyebabkan hilangnya nyawa puluhan ribu warga Palestina.”

Laporan tersebut juga menekankan penganiayaan Israel terhadap Palestina belum dimulai pada tanggal 7 Oktober.

“Genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza adalah tahap eskalasi dari proses penghapusan kolonial pemukim yang sudah berlangsung lama,” katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat