visitaaponce.com

Indonesia Kecam Israel yang Serang Kedubes Iran di Damaskus

Indonesia Kecam Israel yang Serang Kedubes Iran di Damaskus
Reruntuhan di Gedung Kedubes Iran di Damaskus yang diserang Israel.(Dok. AFP)

ISRAEL menyerang gedung konsulat kedutaan besar Iran di Damaskus, Suriah. Indonesia mengutuk keras serangan yang kabarnya menewaskan dua komandan garda revolusi Iran itu.

“Indonesia mengutuk keras serangan Israel terhadap gedung dan fasilitas diplomatik Iran di Damaskus,” kata Kementerian Luar Negeri Indonesia di akun X, Selasa (2/4).

Serangan ini, merupakan pelanggaran hukum internasional dan Piagam PBB. Aksi Israel ini juga meningkatkan eskalasi konflik dan dapat menghapus prospek perdamaian di kawasan.

Baca juga : Iran Bersumpah akan Membalas Serangan Israel di Damaskus

TV pemerintah Iran mengatakan, di antara mereka yang tewas adalah komandan senior operasi luar negeri Korps Garda Revolusi Islam, Pasukan Quds, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi.

Serangan di Damaskus adalah serangan kelima dalam delapan hari yang menghantam Suriah, yang Presiden Bashar al-Assad didukung oleh Iran, musuh lama Israel di wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan dalam panggilan telepon dengan rekannya dari Suriah bahwa Teheran menganggap Israel bertanggung jawab atas konsekuensi serangan itu.

Baca juga : Rusia Kecam Israel atas Serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus

“Serangan terhadap konsulat Iran di Damaskus adalah pelanggaran terhadap semua konvensi internasional. Kami membutuhkan tanggapan serius dari komunitas internasional,” kata Menlu Iran tersebut.

Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad juga mengecam serangan tersebut setelah mengunjungi lokasi tersebut.

“Kami mengutuk keras serangan teroris keji yang menargetkan gedung konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan sejumlah orang tak bersalah,” kata Mekdad dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh SANA.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat