visitaaponce.com

New York Diguncang Gempa, Warga Panik

New York Diguncang Gempa, Warga Panik
Sistem peringatan gempa New Yorkl( ANGELA WEISS / AFP))

Para diplomat Dewan Keamanan PBB terguncang di kursi mereka, pesawat-pesawat dilarang terbang, dan perabotan berguncang di seluruh New York pada Jumat (5/4) ketika gempa mengguncang kota yang tidak pernah tidur itu.

Namun tidak ada yang terluka, dan cakrawala kota New York yang ikonik tetap utuh. "Aku baik-baik saja," lapor Empire State Building di akun X-nya.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut berkekuatan 4,8 skala Richter.

Baca juga : Trump Mengkritik Perluasan Larangan Omongan dalam Persidangan New York

Dekat pusat gempa New Jersey, Dominika Uniejewska, seorang pekerja ritel berusia 50 tahun, mengatakan masih gemetar setelah terbangun akibat gempa.

“Saya belum pernah mengalami gempa sekuat ini. Saya pernah mengalaminya sebelumnya, tapi tidak ada apa-apanya dibandingkan gempa kali ini. Seluruh rumah benar-benar bergetar. Tempat tidur bergetar, rumah mengeluarkan suara gemuruh,” katanya.

“Saya berlari untuk memeriksa anjing saya dan dia  baik-baik saja.”

Baca juga : Donald Trump Bayar Jaminan US$175 Juta dalam Kasus Penipuan Sipil di New York

Di Brooklyn, gedung-gedung berguncang, pintu lemari dan perlengkapannya bergetar, seorang koresponden AFP melaporkan.

"Saya gugup, saya gemetar. Banyak orang yang ketakutan saat ini," kata Ana Villagran, 62, warga Brooklyn.

Sesaat sebelum pukul 18:00 (2200 GMT) wilayah tersebut diguncang oleh gempa susulan yang menurut USGS berkekuatan 4,0 skala Richter.

Baca juga : Taiwan Gelar Pekan Kesetaraan Gender di New York  

Di PBB, yang berkantor pusat di New York, pertemuan Dewan Keamanan mengenai situasi di Gaza untuk sementara dihentikan setelah guncangan awal.

"Apakah itu gempa bumi?" ujar perwakilan Save the Children Janti Soeripto yang menjadi pembicara saat itu. Seorang diplomat bercanda: "Anggap saja untuk kenangan."

Tidak lama kemudian, banyak telepon seluler diplomat berbunyi bersamaan dengan suara sistem peringatan darurat yang mengonfirmasi gempa tersebut.

Baca juga : David Schwimmer Merayakan Ulang Tahun Raf's Italian & French Bakery di Kota New York

“Warga disarankan untuk tetap berada di dalam rumah dan menghubungi 911 jika terluka,” bunyi peringatan darurat tersebut.

Operasi penerbangan dihentikan di beberapa bandara di wilayah tersebut termasuk La Guardia di New York, Newark di New Jersey, dan di Philadelphia.

“Operasi lalu lintas udara dilanjutkan secepat mungkin,” kata Administrasi Penerbangan Federal (FAA) dalam sebuah pernyataan. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat