visitaaponce.com

PM Malaysia Bela Serangan Iran ke Israel

PM Malaysia Bela Serangan Iran ke Israel
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim(AFP/Tobias SCHWARZ)

PERDANA Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Senin (15/4), menyebut serangan rudal dan drone yang dilancarkan Iran ke Israel, dua hari lalu, sah dan bisa dibenarkan.

Negara-negara dunia meminta semua pihak menahan diri setelah Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel, Sabtu (13/4), dan Israel mengklaim bisa menahan hampir semua serangan itu.

Malaysia meminta Israel untuk tidak melancarkan serangan balasan yang bisa meningkatkan ketegangan di kawasan Timur Tengah.

Baca juga : Malaysia Tolak Kapal Berbendera Israel ZIM

"Serangan menggunakan drome oleh Iran adalah aksi yang bisa diterima sebagai tanggapan atas serangan biadab rezim zionis terhadap Kedutaan Besar Iran di Damaskus," ujar Anwar dalam sebuah pernyataan resmi mengacu pada serangan pada 1 April terhadap konsulat Iran di ibu kota Suriah, yang dituding dilakukan oleh Israel.

Pernyataan itu dilansir Anwar usai dia memimpin pertemuan Komite Keamanan Nasional Malaysia untuk membahas meningkatnya ketegangan di kawasan Timur Tengah.

Anwar, selama ini, membela hubungan Malaysia dengan kelompok militan Palestina yang didukung Iran, Hamas, yang meluncurkan serangan mematikan ke Israel pada 7 Oktober yang memicu gempuran 'Negeri Zionis' itu ke Jalur Gaza.

Baca juga : Malaysia Tolak Ditekan Barat, Beri Dukungan untuk Hamas

PM Malaysia itu, dalam lawatan ke Jerman, bulan lalu, menegaskan Malaysia menjalin hubungan dengan sayap politik Hamas bukan pasukan militer mereka.

"Saya tidak menyesal Malaysia menjalin hubungan dengan Hamas," tegas Anwar kala itu.

Serangan di Damaskus menghancurkan bangunan 5 lantai yang menjadi kantor Kedutaan Besar Iran dan menewaskan 7 anggota Garda Revolusi, dua di antaranya berpangkat jenderal. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat