visitaaponce.com

Dua Helikopter Jepang Jatuh di Laut, 6 Penumpang belum Ditemukan

Dua Helikopter Jepang Jatuh di Laut, 6 Penumpang belum Ditemukan
Ilustrasi: Helikopter pasukan bela diri Jepang(Richard A. Brooks / AFP)
Dua helikopter milik pasukan bela diri Jepang atau SDF jatuh ke laut pada Sabtu (20/4) malam. Insiden ini membuat tujuh orang di dalamnya dinyatakan hilang.

Pihak SDF menyatakan insiden satu dari tujuh korban telah berhasil diselamatkan. Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara mengatakan tim penyelamat melihat kedua helikopter itu jatuh di laut.

"Saat ini penyebabnya belum diketahui, namun pertama-tama kami melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa," kata Kihara kepada awak media.

Kedua helikopter itu jatuh saat menjalani latihan malam hari di lepas pantai Kepulauan Izu di Samudra Pasifik. Komunikasi dengan satu helikopter terputus pada pukul 22:38 waktu setempat di lepas pulau Torishima.

Baca juga : Pebulutangkis Jepang, Kento Momota Umumkan Gantung Raket di Usia 29 Tahun

Satu menit kemudian sinyal darurat diterima dari helikopter tersebut. Sekitar 25 menit kemudian, sekitar pukul 23.04 waktu setempat, pihak militer menyadari bahwa komunikasi dengan satu helikopter lain juga terputus di kawasan yang sama.

Helikopter Mitsubishi SH-60K dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (MSDF) sebagian besar didasarkan dan beroperasi dari kapal perusak angkatan laut. MSDF mengatakan karena tidak ada pesawat atau kapal lain di perairan terdekat, kecil kemungkinan keterlibatan negara lain dalam insiden tersebut.(AFP/M-3)

 

Jepang meningkatkan belanja pertahanan dan memperdalam kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain di Asia sebagai respons terhadap meningkatnya aktivitas agresif Tiongkok dan Korea Utara. (TRT World/Cah)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat