visitaaponce.com

Pasukan Israel Kuasai Penyeberangan Rafah Bagian Palestina

Pasukan Israel Kuasai Penyeberangan Rafah Bagian Palestina
Serangan Israel ke Rafah, selatan Gaza(AFP)

MILITER Israel telah mengambil kendali operasional di Penyeberangan Rafah selatan Gaza, yang berbatasan dengan Mesir. Bahkan pasukan khusus sedang menyisir daerah tersebut.

Pasukan Israel telah beroperasi sejak tadi malam pada wilayah tertentu di Rafah timur, dimana sebagian besar orang dan beberapa organisasi internasional telah dievakuasi dari sana.

Dalam jumpa pers pagi hari, pihaknya juga mengatakan penyeberangan Kerem Shalom ditutup pada hari Selasa (7/5) karena alasan keamanan dan akan dibuka kembali setelah situasi keamanan memungkinkan.

Baca juga : Israel: Pembebasan Sandera Bisa Tunda Serangan ke Rafah

Pada Selasa (7/5) pagi, juru bicara otoritas perbatasan Gaza membenarkan penutupan penyeberangan antara Jalur Gaza dan Mesir karena kehadiran tank Israel.

Tiga sumber kemanusiaan mengatakan kepada Reuters bahwa aliran bantuan melalui penyeberangan dihentikan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa invasi darat Israel ke kota Rafah di Gaza selatan tidak dapat ditoleransi.

Baca juga : Melawan Rezim Zionis tidak Cukup dengan Suara

"Invasi darat ke Rafah tidak dapat ditoleransi,” kata Guterres pada hari Senin (6/5)

Dia menyerukan Israel dan Hamas untuk bekerja lebih keras untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

"Hari ini saya menyampaikan seruan yang sangat kuat kepada pemerintah Israel dan pimpinan Hamas agar melakukan upaya ekstra untuk mewujudkan perjanjian yang benar-benar penting," ujarnya.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Italia, Sergio Mattarella di markas besar PBB di New York, dia menyebut ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, dan invasi darat di Rafah tidak dapat ditoleransi karena dampak kemanusiaannya yang sangat buruk.

"Karena dampaknya yang mengganggu stabilitas di kawasan,” tegas Guterres kepada Presiden Italia Sergio Mattarella. (Arabnews/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat