visitaaponce.com

Mesir Bakal Bergabung dengan Afrika Selatan dalam Gugatan Genosida terhadap Israel

Mesir Bakal Bergabung dengan Afrika Selatan dalam Gugatan Genosida terhadap Israel
Mesir akan bergabung dengan Afrika Selatan dalam gugatan Genosida Israel di Jalur Gaza(AFP)

MESIR menyatakan akan bergabung dengan Afrika Selatan dalam mengajukan gugatan genosida terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) terkait serangan maut terhadap warga sipil di Jalur Gaza. Keputusan ini diambil menyusul gempuran Israel yang memakan korban jiwa di Jalur Gaza.

Kementerian Luar Negeri Mesir mengecam tindakan Israel sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional dan prinsip kemanusiaan. Mesir menekankan agar Israel, sebagai kekuatan pendudukan, mematuhi kewajibannya dan melaksanakan langkah-langkah sementara yang diminta ICJ untuk memastikan bantuan kemanusiaan dapat disalurkan di Jalur Gaza.

Pemerintah Mesir juga meminta Dewan Keamanan PBB dan pihak terkait untuk segera melakukan intervensi guna mencapai gencatan senjata di Gaza, menghentikan operasi militer di Rafah, dan memberikan perlindungan bagi warga sipil Palestina.

Baca juga : Mesir Ikut Gugat Israel ke Mahkamah PBB Atas Aksi Genosida

Lebih dari 35.000 warga Palestina tewas dan lebih dari 76.600 lainnya terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak serangan Hamas ke Israel pada Oktober 2023. Hamas baru-baru ini menerima usulan Mesir dan Qatar untuk gencatan senjata di Gaza, tetapi Israel menolaknya dan melanjutkan operasi militer di Rafah.

ICJ telah mengeluarkan putusan sementara pada Januari yang menyatakan bahwa tindakan Israel di Gaza merupakan alasan yang masuk akal untuk genosida. ICJ memerintahkan Israel untuk menghentikan tindakannya dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bantuan kemanusiaan dapat disalurkan kepada warga sipil di Gaza.

Afrika Selatan juga telah meminta ICJ untuk memerintahkan Israel untuk menarik diri dari Rafah sebagai bagian dari tindakan darurat tambahan terkait perang tersebut.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat