visitaaponce.com

Reaksi Dunia atas Kecelakaan Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

Reaksi Dunia  atas Kecelakaan Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi
Pemimpin dunia telah bereaksi terhadap berita kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi di barat laut negara itu(AFP)

PARA pemimpin dunia telah bereaksi terhadap berita kecelakaan helikopter Presiden Iran di barat laut negara itu. Mereka menyatakan keprihatinan dan solidaritas dengan rakyat dan pemerintah Iran.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, yang bersama dengan Raisi meresmikan Bendungan Qiz Qalasi di perbatasan antara kedua negara, Minggu (19/5), mengungkapkan keprihatinan atas kejadian tersebut dan mengumumkan kesiapan Baku untuk membantu Iran.

Kementerian Luar Negeri Armenia mengungkapkan kejutan dalam sebuah pos di akun X mereka. "Pikiran dan doa kami bersama Presiden Raisi dan Menteri Amirabdollahian serta semua orang lain yang dilaporkan berada di lokasi. Saat operasi penyelamatan berlanjut, Armenia, sebagai tetangga dekat dan bersahabat Iran, siap memberikan semua dukungan yang diperlukan."

Baca juga : Pejabat Iran Berhasil Kontak dengan Penumpang Helikopter Presiden Raisi yang Jatuh

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan simpati dan mengatakan dia mengikuti perkembangan terkait insiden tersebut. Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki juga mengumumkan telah mengirimkan tim ke Iran untuk membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan untuk Raisi dan rombongannya.

Di Pakistan, Perdana Menteri Shehbaz Sharif, Presiden Asif Ali Zardari, dan Ketua Parlemen Sardar Ayaz Sadiq mengeluarkan pesan terpisah, menyatakan keprihatinan mendalam atas insiden yang melibatkan Presiden Raisi dan rombongannya. Mereka berdoa untuk Raisi dan menyatakan solidaritas dengan bangsa Iran di saat-saat sulit ini.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengeluarkan pesan di platform media sosial X, menyatakan keprihatinan mendalam. "Kami berdiri solidaritas dengan rakyat Iran dalam saat kesulitan ini, dan berdoa untuk kesejahteraan Presiden dan rombongannya."

Baca juga : Turki Kirim Helikopter Penyelamat dengan Penglihatan Malam untuk Bantu Iran dalam Pencarian Helikopter Jatuh

Afghanistan juga bereaksi. Kementerian Luar Negeri pemerintah Taliban mengatakan di halaman Telegram bahwa mereka mengikuti laporan terkait presiden Iran dan tim yang menemani, dengan harapan mereka segera ditemukan.

Presiden Irak Abdul Latif Rashid menyatakan keprihatinan dan mengatakan dia telah membahas insiden tersebut dengan duta besar Iran di Baghdad. Dia juga melakukan pembicaraan telepon dengan Wakil Presiden Iran Mohammad Mokhber dan mengucapkan selamat kepada Presiden Raisi dan delegasinya atas nama pemerintah dan rakyat Irak.

Secara terpisah, Perdana Menteri Mohammed Shia' Al Sudani juga memerintahkan Kementerian Dalam Negeri Irak dan Masyarakat Bulan Sabit Merah serta lembaga terkait lainnya untuk menyediakan layanan yang diperlukan kepada Iran untuk membantu menemukan helikopter yang hilang dari Presiden Raisi.

Baca juga : Pencarian Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran Terkendala Cuaca Buruk

Pejabat teratas di wilayah Kurdistan Irak juga bereaksi. Presiden Nechirvan Barzani dan Perdana Menteri Masrour Barzani mengeluarkan pesan terpisah, menyatakan solidaritas dengan rakyat Iran dan mendoakan kesejahteraan semua orang di pesawat tersebut.

Arab Saudi juga menyatakan keprihatinan yang besar, dan mengumumkan kesiapannya untuk membantu Iran.

Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan keprihatinan tentang kecelakaan helikopter presiden Iran dan menekankan solidaritas Kairo dengan Tehran.

Baca juga : Helikopter dalam Konvoi Presiden Iran Jatuh

"Pemerintah Arab Saudi mengikuti dengan kekhawatiran besar apa yang beredar di media tentang helikopter yang membawa Presiden Iran Dr. Ebrahim Raisi dan delegasinya... Kami memastikan bahwa Arab Saudi berdiri di samping Republik Islam Iran saudara kita dalam keadaan sulit ini," kata Kementerian Luar Negeri, menurut Badan Berita Arab Saudi.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Lebanon mengucapkan doa untuk kesehatan Presiden Iran Raisi dan teman-temannya. Kementerian juga menyatakan simpati dengan pemerintah dan rakyat Iran atas tragedi ini.

Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab mengumumkan, dalam sebuah pernyataan, bahwa mereka mengikuti dengan kekhawatiran besar berita tentang kecelakaan helikopter yang membawa presiden Iran dan delegasinya. Kementerian menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan kepada Tehran dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Oman, dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh agensi berita resmi negara itu, menyatakan keprihatinan mendalam atas kecelakaan helikopter yang membawa presiden Iran dan mengatakan bahwa negara itu siap untuk menawarkan bantuan yang dibutuhkan Tehran.

Yordania, Qatar, Kuwait, Yaman, Rusia, dan Venezuela juga menyatakan keprihatinan mereka, dan mengatakan bahwa mereka berdiri di samping bangsa Iran. Negara-negara tersebut juga menyatakan kesiapan mereka untuk memberikan dukungan kepada Republik Islam.

Amerika Serikat dan Uni Eropa mengatakan bahwa mereka sedang memantau situasi dan mengikuti laporan tentang insiden udara yang melibatkan presiden Iran serta menteri luar negeri dan anggota tim mereka.

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengatakan dalam sebuah pesan: "Saya sedang mengikuti berita terkait helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi dan delegasinya melalui unit krisis dan kedutaan besar di Tehran."

Tajani menambahkan bahwa dia juga telah memperbarui Perdana Menteri Georgia Maloney tentang perkembangan terkait pendaratan keras helikopter yang membawa Presiden Iran dan Menteri Luar Negeri serta delegasinya.

Komisaris Eropa untuk Manajemen Krisis Janez Lenarcic juga mengatakan bahwa blok tersebut mengaktifkan layanan respons cepatnya sebagai tanggapan atas permintaan Iran.

“Atas permintaan bantuan dari Iran, kami mengaktifkan layanan pemetaan respons cepat Copernicus EMS UE sehubungan dengan kecelakaan helikopter yang dilaporkan membawa Presiden Iran dan menteri luar negerinya”, kata Lenarcic di X, menggunakan #EUSolidarity di akhir postingannya. 

Gerakan perlawanan Palestina, Jihad Islam dan Hamas menyatakan keprihatinan atas berita jatuhnya helikopter presiden Iran. Hamas menyatakan solidaritasnya dengan Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam serta rakyat dan pemerintah Iran, dan mengatakan bahwa mereka mengikuti perkembangan mengenai insiden tersebut dengan penuh keprihatinan.

Jihad Islam juga menyatakan solidaritasnya terhadap bangsa Iran dan menyatakan gerakan perlawanan demi keselamatan presiden Iran dan para sahabatnya. (IRNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat