visitaaponce.com

Harga Minyak Diharapkan tak Melonjak Pasca Tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Harga Minyak Diharapkan tak Melonjak Pasca Tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi
Mantan Presiden Iran Ebrahim Raisi(AFP)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berharap wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi tak berdampak pada situasi global. Khususnya melonjakkan harga minyak.

"Kita harapkan tidak berdampak kepada ekonomi global utamanya yang berkaitan dengan harga minyak," kata Jokowi di Sumatra Barat, Selasa (21/5). 

Jokowi mengatakan bila harga minyak naik maka dampaknya akan melebar. Kondisi ini akan menyulitkan sejumlah negara.

Baca juga : Ini Susunan Upacara Pemakaman dan Peringatan Presiden Ebrahim Raisi

"Karena kalau sudah harga minyak naik, berdampak dari peristiwa itu, itu akan berdampak ke mana-mana, ke kenaikan harga barang dan lain-lain. Kita harapkan tidak ada dampak seperti itu," ucap Jokowi.

Kepala Negara juga menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Ebrahim. Duka ini juga mengatasnamakan rakyat Indonesia.

"Pemerintah dan masyarakat Indonesia menyatakan duka yang mendalam atas wafat meninggalnya Presiden Raisi di kecelakaan helikopter yang ditumpangi oleh beliau," kata Jokowi.

Baca juga : Kedubes Iran di Jakarta: Wafatnya Presiden Raisi tidak Ganggu Pemerintahan

Presiden Iran Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia setelah helikopter yang membawanya dan rombongan jatuh di wilayah Varzaqan, Provinsi Azerbaijan Timur, Minggu, 19 Mei 2024.

Puing-puing helikopter telah ditemukan pada Senin, 20 Mei pagi, setelah dilakukan pencarian besar-besaran di tengah kondisi badai salju.

Helikopter Raisi, bersama dua helikopter lainnya sedang dalam perjalanan ke Kota Tabriz pada Minggu setelah ia meresmikan Bendungan Qiz Qalasi di perbatasan dengan Republik Azerbaijan sehari sebelumnya.

Baca juga : Kematian Presiden Raisi tidak Berdampak Signifikan di Iran

Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, Gubernur Provinsi Azarbaijan Timur Malek Rahmati, dan Mehdi Mousavi, kepala tim pengawal Raisi juga berada di dalam pesawat yang jatuh tersebut. Mohammad Ali Al-e-Hashem, perwakilan Pemimpin Tertinggi di provinsi tersebut juga menemani mereka.

Pejabat lokal yang hadir di lokasi kecelakaan telah mengonfirmasi kematian Raisi dan tim pendampingnya. Pemerintah Iran akan segera mengeluarkan pernyataan resmi.

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat