visitaaponce.com

Yuk Kenali Apa Itu Turbulensi

Yuk Kenali Apa Itu Turbulensi
Turbulensi, dapat menyebabkan pesawat mengalami perubahan ketinggian mendadak, terjadi ketika pesawat menghadapi arus udara yang kacau. (Singapore Airlines)

MASKAPAI Singapore Airlines dengan rute penerbangan London ke Singapura mengalami turbulensi parah. Akibat kondisi ini, satu orang meninggal dunia diduga karena serangan jantung. 

Pesawat mengalami penurunan mendadak yang menyebabkan orang dan benda-benda terlempar di kabin. Pesawat pun harus mendarat darurat di Bangkok, Thailand.

Apa itu turbulensi dan apa penyebabnya?

Penumpang yang sering terbang akan akrab dengan goncangan tiba-tiba yang terjadi saat pesawat masuk ke dalam turbulensi. Ini dapat menggerakkan pesawat dan menyebabkan perubahan ketinggian yang mendadak.

Baca juga : Pria Inggris yang Meninggal dalam Penerbangan Singapore Airlines Teridentifikasi

Sebagian besar turbulensi terjadi di awan di mana terdapat arus naik dan turun angin, menurut Simon King dari BBC Weather, seorang mantan perwira RAF.

Sebagian besar turbulensi tersebut cukup ringan, tetapi di awan yang lebih besar - seperti awan badai cumulonimbus - gerakan udara yang kacau dapat menyebabkan turbulensi sedang atau bahkan parah.

Ada jenis turbulensi lain yang disebut turbulensi "udara jernih" - yang sesuai namanya, terjadi tanpa awan dan tidak dapat dilihat. Ini jauh lebih problematik karena sangat sulit dideteksi.

Baca juga : Satu Penumpang Dipastikan Tewas Korban Pendaratan Darurat Singapore Airlines

Jenis turbulensi ini terjadi di sekitar aliran jet, sebuah "sungai" udara yang mengalir cepat yang biasanya ditemukan pada ketinggian 40.000-60.000 kaki, kata Guy Gratton, seorang akademisi penerbangan dan pilot komersial.

Anda dapat dengan mudah memiliki perbedaan kecepatan 100 mph antara udara di aliran jet dan udara di sekitarnya, katanya. Gesekan di sekitar aliran jet antara udara yang lebih lambat dan lebih cepat menyebabkan turbulensi. Ini selalu ada dan bergerak, membuatnya sulit dihindari.

Jika Anda terbang dari Eropa ke Amerika Utara, misalnya, sulit untuk sepenuhnya menghindarinya, kata Gratton, dan ini dapat mengakibatkan periode turbulensi parah.

Baca juga : Turbulensi Hebat, Begini Kesaksian Penumpang Singapore Airlines!

Bahayakah turbulensi?

Pesawat dirancang untuk menghadapi kondisi terburuk dari turbulensi, kata Gratton, profesor asosiasi penerbangan dan lingkungan di Universitas Cranfield.

Turbulensi "tidak mungkin" akan menghancurkan pesawat, tambahnya.

Namun, ini tidak baik untuk pesawat, itulah sebabnya pilot berusaha menghindarinya atau memperlambat laju pesawat - dan menyalakan tanda sabuk pengaman.

Baca juga : Turbulensi Singapore Airlines, Lebih dari 30 Orang Terluka dan Satu Meninggal Dunia

Para ahli mengatakan dalam skenario ekstrem, turbulensi dapat menyebabkan kerusakan struktural pada pesawat karena kekuatan angin yang sangat kuat.

Turbulensi parah dapat berbahaya bagi penumpang pesawat karena gerakan yang keras dapat menyebabkan siapa saja yang tidak memakai sabuk pengaman terlempar di kabin.

Namun para ahli keselamatan penerbangan mengatakan kematian dan cedera akibat turbulensi tetap jarang terjadi.

John Strickland, seorang ahli penerbangan, mengatakan cedera akibat turbulensi parah "relatif jarang" dalam konteks jutaan penerbangan yang dioperasikan.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengatakan ada 163 "cedera serius akibat turbulensi" pada maskapai AS antara 2009 dan 2022 - rata-rata sekitar 12 per tahun.

Bagaimana pilot menangani turbulensi?

Pilot akan mendapatkan prakiraan penerbangan khusus sebelum mereka terbang, yang akan mencakup data meteorologi.

Mereka akan dapat mempelajari informasi ini saat merencanakan rute mereka.

Ini berarti mereka harus bisa menghindari badai yang terisolasi, misalnya. Namun turbulensi "udara jernih" sedikit lebih sulit dihindari.

Pesawat lain yang terbang di rute yang sama juga akan melaporkan setiap turbulensi, kata Gratton.

Pilot akan mencoba menghindari area ini, atau memperlambat pesawat untuk mengurangi dampaknya.

Kru juga dilatih tentang bagaimana merespons turbulensi.

Apa yang dapat dilakukan penumpang untuk tetap aman?

Untuk penumpang, saran terbaik adalah tetap memakai sabuk pengaman dan tidak membawa benda berat keluar.

Pilot menyarankan penumpang untuk selalu memakai sabuk pengaman, karena turbulensi bisa tidak terduga.

Apakah turbulensi semakin sering terjadi?

Beberapa peneliti berpikir bahwa perubahan iklim telah membuat turbulensi lebih mungkin terjadi.

Tahun lalu, para ilmuwan di Universitas Reading di Inggris menemukan bahwa turbulensi parah meningkat 55% antara tahun 1979 dan 2020 pada rute Atlantik Utara yang biasanya sibuk.

Mereka mengaitkan peningkatan ini dengan perubahan kecepatan angin di ketinggian tinggi akibat pemanasan udara dari emisi karbon.

Guy Gratton menunjukkan bahwa kita semakin sering mengalami turbulensi, menambahkan bahwa alasan lain mungkin karena kita semakin sering terbang.

Ini berarti langit semakin sibuk, membuat keputusan pilot dalam menghindari turbulensi lebih sulit karena mereka harus menjaga jarak minimum yang aman dari pesawat lain di area tersebut. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat