visitaaponce.com

15 Orang Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Tengah

15 Orang Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Tengah 
Ilustrasi - Setidaknya 15 orang tewas dalam serangan darat dan udara Israel di kamp pengungsi Bureij dan Maghazi di Gaza tengah. (Unrwa)

SEDIKITNYA 15 orang telah tewas dalam serangan darat dan udara Israel di kamp pengungsi Bureij dan Maghazi di Gaza tengah, kata seorang pejabat kesehatan Palestina.

"Lebih dari 15 tewas dan puluhan luka-luka tiba di Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa dalam beberapa jam terakhir," kata juru bicara Kementerian Kesehatan kepada wartawan di luar rumah sakit di Deir el-Balah, Gaza tengah.

Jika "agresi" di daerah-daerah di Gaza tengah tidak berhenti, jumlah korban tewas diperkirakan akan cepat meningkat, katanya.

Baca juga : Israel Serang Jantung Gaza Usai 24 Tentaranya Tewas Disergap Hamas

Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa adalah satu-satunya fasilitas medis yang saat ini melayani lebih dari satu juta orang di daerah tersebut, kata juru bicara itu.

Fasilitas tersebut tidak memiliki kapasitas untuk lebih banyak pasien, dia memperingatkan, menambahkan bahwa rumah sakit sudah "penuh dengan orang-orang yang terluka", banyak dari mereka dirawat di lantai.

Serangan di rumah lain di kamp pengungsi Maghazi yang bertetangga menewaskan dua orang, menurut pejabat di Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa.

Baca juga : Bela Warga Gaza, Presiden Harvard Claudine Gay Diteror dan Dituduh Anti-Semitisme 

Sebelumnya, militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jet-jet tempurnya menghantam target Hamas di Gaza tengah sementara pasukan darat beroperasi "dengan fokus berdasarkan panduan intelijen" di daerah al-Bureij.

Hani Mahmoud dari Al Jazeera, melaporkan dari Deir el-Balah, mengatakan staf medis di rumah sakit kewalahan oleh banyaknya korban yang datang.

"Dokter berlari ke mana-mana, mencari persediaan medis yang tersisa termasuk antiseptik dan anestesi untuk melakukan operasi mendesak guna menyelamatkan nyawa," kata Mahmoud.

Baca juga : Israel Tembak Siapa Pun yang Coba Tinggalkan Rumah Sakit

"Kami masih bisa mendengar ledakan dari serangan yang sedang berlangsung dan tembakan senapan mesin berat di daerah timur Gaza tengah – termasuk kamp Maghazi dan Bureij yang padat penduduk," tambahnya.

"Kami mendengar dari kerabat korban bahwa masih ada seluruh keluarga yang terjebak di dalam rumah yang dibom di kamp-kamp tersebut."

Proposal gencatan senjata terancam?

Baca juga : Abaikan Seruan Dunia, Israel Kembali Sasar Kamp Pengungsian di Gaza

Pasukan Israel melancarkan serangan sebelumnya tahun ini selama beberapa minggu di Bureij dan beberapa kamp pengungsi terdekat di Gaza tengah.

Pasukan keluar dari kamp Jabalia di Gaza utara Jumat lalu setelah pertempuran berminggu-minggu menyebabkan kehancuran luas di daerah yang sudah rusak. Petugas penyelamat telah menemukan 360 mayat, sebagian besar perempuan dan anak-anak, kata seorang juru bicara pertahanan sipil Gaza.

Serangan udara dan serangan darat Israel di seluruh Jalur Gaza terjadi saat mediator internasional menunggu Israel dan Hamas merespons proposal gencatan senjata dan pertukaran tawanan yang baru.

Pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengatakan, Selasa, kelompoknya tidak akan menerima kesepakatan dengan Israel yang tidak secara jelas menetapkan gencatan senjata permanen dan penarikan penuh Israel dari Jalur Gaza.

"Tanggapan Israel berbicara tentang membuka pintu untuk negosiasi segalanya tanpa akhir atau batas waktu... ini mengonfirmasi bahwa Israel hanya menginginkan satu fase, di mana mereka mengambil tahanannya lalu melanjutkan agresi dan perang mereka terhadap rakyat kami," kata Hamdan.

"Selama tidak ada sikap jelas dari kesiapan pendudukan Zionis untuk gencatan senjata permanen dan penarikan penuh dari Gaza... kami tidak bisa setuju pada kesepakatan yang tidak memastikan dan tidak menjamin gencatan senjata permanen, penarikan penuh dan pertukaran tahanan berikutnya," tambahnya.

Mengumumkan rencana tersebut minggu lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa rencana tiga fase itu diusulkan oleh Israel, namun, para pemimpin Israel sejak itu tampaknya menjauhkan diri dari proposal tersebut dan berjanji untuk terus memerangi Hamas sampai kelompok tersebut dihancurkan.

Pemboman dan operasi darat Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 36.000 orang Palestina, menurut Kementerian Kesehatan.

Israel sedang memperluas serangannya di kota Rafah di Gaza selatan dan sebagian besar telah memutus aliran makanan, obat-obatan dan pasokan lainnya ke warga Palestina yang menghadapi kelaparan luas.

Lebih dari 1 juta warga Palestina telah melarikan diri dari Rafah, sebagian besar ke kamp-kamp tenda yang muncul di seluruh Gaza tengah dan selatan. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat