visitaaponce.com

Pasukan Israel Bunuh Enam Warga Palestina di Tepi Barat

Pasukan Israel Bunuh Enam Warga Palestina di Tepi Barat
Ilustrasi - Pasukan Israel telah membunuh enam warga Palestina dalam serangan di desa Kafr Dan dekat Jenin di Tepi Barat yang diduduki. (X/@gazanotification)

PASUKAN Israel telah membunuh enam warga Palestina selama serangan di desa Kafr Dan dekat Jenin di Tepi Barat yang diduduki, demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Palestina, ketika Israel memperkuat serangannya terhadap wilayah tersebut di tengah perang di Gaza.

Unit pasukan khusus Israel memasuki desa tersebut, Selasa, dan mengepung sebuah rumah sebelum mengebomnya, laporan agensi berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan.

Enam pria yang tewas berusia 21 hingga 32 tahun, menurut Kementerian Kesehatan. Salah satunya, Ahmad Smoudi, adalah saudara dari seorang anak berusia 12 tahun yang ditembak mati oleh pasukan Israel di Jenin tahun 2022.

Baca juga : 4 Fakta Operasi Penyelamatan Sandera Israel Berakhir dengan Korban Besar

Batalyon Jenin dari Brigade al-Quds - sayap bersenjata dari Jihad Islam Palestina - sebelumnya mengatakan mereka terlibat dalam pertempuran "sengit" dengan pasukan Israel di Kafr Dan.

Militer Israel mengatakan mereka melakukan operasi "kontra-terorisme" di desa itu, menewaskan empat warga Palestina bersenjata. Tentara menambahkan bahwa mereka menggunakan helikopter serangan dalam serangan tersebut dan tidak menderita korban.

Pasukan Israel membunuh empat warga Palestina di barat Ramallah, Senin dan tiga lainnya di Jenin, Jumat.

Baca juga : 4 Sandera Israel Dibebaskan, Sekitar 200 Orang Diperkirakan Tewas Dalam Serangan di Nuseirat

Militer Israel secara teratur melakukan serangan mematikan di Tepi Barat dalam beberapa tahun terakhir - tren yang meningkat dengan dimulainya perang di Gaza.

Menurut otoritas kesehatan Palestina, Israel telah membunuh 544 warga Palestina, termasuk 133 anak-anak, di Tepi Barat sejak Oktober 2023 ketika kekerasan di Gaza pecah. Israel juga telah menahan ribuan warga Palestina selama periode tersebut.

Warga Palestina di Tepi Barat juga menghadapi serangan kekerasan dari pemukim Israel, yang telah menyerang petani dan merampok kota-kota Palestina dalam beberapa bulan terakhir, seringkali di bawah perlindungan militer Israel.

Baca juga : Israel Bunuh Lebih 500 Warga Palestina di Tepi Barat

Rawhi Fattouh, Dewan Nasional Palestina, mengatakan serangan Israel di Tepi Barat adalah "kelanjutan dari pembantaian, pembersihan etnis, dan genosida yang menargetkan rakyat Palestina di Gaza".

"Pemerintah [Israel] yang rasialis ini sedang mencari segala cara untuk meledakkan situasi di Tepi Barat dan wilayah tersebut serta mengubah konflik menjadi pertarungan agama dan ideologi yang akan membawa wilayah tersebut ke dalam kobaran kekerasan, pembunuhan, dan pembantaian," kata Fattouh dalam sebuah pernyataan.

Dia mendesak komunitas internasional untuk campur tangan dan "menghentikan kegilaan ini". (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat