visitaaponce.com

Skincare Anda Mengandung Bahan-bahan Ini Kenali Manfaatnya

Skincare Anda Mengandung Bahan-bahan Ini? Kenali Manfaatnya
Bahan dalam skincare, perlu dikenali dan diketahui manfaatnya.(Unsplash/ Kalos Skincare)

MENGGUNAKAN produk perawatan kulit atau skincare sekarang semakin didasari sebagai hal penting bagi banyak orang. Bukan saja demi kesehatan, terlebih dengan paparan sinar UV yang kian tinggi, menggunakan skincare kerap dilakukan juga sebagai bagian gaya hidup kekinian.

 

Apapun tujuan Anda menggunakan skincare, terpenting adalah memilih skincare yang berkualitas. Untuk itu tentu saja Anda harus mengetahui kandangan dalam skincare tersebut dan manfaatnya.  

Baca juga : Ini Perawatan Wajah yang Boleh Dilakukan Ibu Hamil

 

Hal itu pula yang ditekankan oleh dokter spesialis kulit kelamin dan pakar kecantikan, dr. Made Sanitca Indah Sp.DV. Menurutnya, banyak perempuan yang kebingunan memilih skincare karena kurang mengetahui manfaat kandungan bahan-bahannya.

 

Baca juga : Intip Peluang Usaha Bersama JGlow Skincare

"Sekarang wanita searching sendiri skincare apa yang mereka butuhkan. Meski banyak pilihan skincare tetapi kadang mereka gak tau pilih yang mana," kata dr. Enit, demikian sapaannya, dalam acara Grand Launching Parisya Skincare yang digelar di Cafe Calli The Orient Hotel Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3).

 

Dokter Enit pun menyebut beberapa bahan yang penting dalam skincare dan manfaatnya. Berikut di antaranya:

Baca juga : Pakai Skincare Berlapis, Baik atau Tidak?

 

1. Hyaluronic Acid

Dokter Enit mengatakan hyaluronic acid atau asam hialuronat ialah zat yang diproduksi oleh tubuh secara alami, yang sebagian besar jumlahnya terdapat pada kulit, jaringan ikat, hingga mata. Senyawa ini berupa polisakarida yang tersusun atas rantai panjang ikatan-ikatan molekul air dan gula. Hyaluronic acid memiliki fungsi utama untuk menahan air agar jaringan kulit  tetap terlumasi dan lembab.

Baca juga : MS Glow For Men Kembali Sponsori Tim MotoGP Gresii Racing team 

 

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, produksi asam hialuronat dalam tubuh cenderung menurun. Mulai dari sekitar usia 30an tahun ke atas, mulai terjadi penurunan produksi asam hialuronat.

 

Baca juga : Dengan Perawatan Kulit Rutin, Pesona Kecantikan BCL Tetap Terjaga

Sehingga berdampak pada kulit yang terlihat lebih kering dan berkerut. Untuk membantu mempertahankan hidrasi dan kelembapan kulit, produk yang mengandung hyaluronic acid yang dipakai secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

 

Hyaluronic acid dapat digunakan oleh semua tipe wajah dan aman dikombinasikan dengan retinol, eksfoliator, vitamin, atau jenis asam lainnya, kecuali glycolic acid. Sebab, glycolic acid merupakan asam dengan pH rendah yang dapat mengurangi efektivitas hyaluronic acid dalam menjaga kelembapan kulit. Namun, jika mengalami reaksi alergi maka penggunaan hyaluronic acid harus segera dihentikan.

Baca juga : MotoGP Musim 2024, Logo MS Glow for Men Melekat pada Kendaraan Marc Marquez

 

2. Niacinamide

Selain hyaluronic acid, senyawa niacinamide juga umum terdapat dalam skincare. Secara singkatnya, senyawa ini adalah turunan vitamin B3.

Baca juga : Ini yang Dimaksud Skin Minimalism dan Manfaatnya

 

Niacinamide dapat memudarkan flek hitam dan menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Selain itu, dr. Enit menjelaskan bahan ini menjadi senyawa yang membantu mencerahkan kulit dan juga baik untuk mengatasi inflamasi seperti jerawat.

 

Baca juga : H&H Skincare Tetap Gunakan TikTok untuk Kembangkan Bisnisnya

Umumnya konsentrasi niacinamide dalam skincare sebesar lima persen. Namun, jika kulit Anda cenderung sensitif, sebaiknya memilih konsentrasi niacinamide sebesar dua persen saja. Salah satu tanda kulit Anda sensitive terhadap bahan ini adalah kulit menjadi kemerahan.

 

3. DNA Salmon

Baca juga : Bingung Cara Atasi Jerawat? Yuk Ikuti Exclusive Launch ERHA Acneact Trial Kit di Shopee Finest!

Kandungan bahan lainnya yang banyak digandrungi dalam produk skincare ialah DNA Salmon.  "DNA Salmon adalah salah satu antioksidan yang sedang banyak dimanfaatkan di skincare. Bahan ini lebih mudah meresap ke pasien dengan wajah yang sensitif. Ini pilihan yang sering dipakai," ungkap dr Enit.

 

Lebih lanjut, dr. Enit mengatakan bahwa dalam produk skincare juga terdapat kombinasi bahan tersebut. "Ada kombinasi (kandungan) itu lebih baik dibanding satu aja," ujarnya. DNA Salmon juga kerap digunakan pada praktik perawatan kulit dengan cara disuntikkan. Bahan pembuatnya adalah sperma ikan salmon.

Baca juga : Simak Manfaat Kandungan Kakadu Plum untuk Kulit Wajah Sensitif

 

Parisya Skincare

Terkait kandungan bahan tersebut di dalam produk skincare, label perawatan kulit Tanah Air Parisya Skincare (PRSY) juga menjawab kebutuhan masyarakat dengan produk terbaru yang diluncurkan yang juga mengandung bahan-bahan penting tersebut dengan hyaluronic acid, niacinamide, dan DNA salmon.

Baca juga : Peluncuran Healthy Fest, NPURE Kembali Menjadi Brand Skincare Pertama yang Menggelar Healthy Festival Paling Besar di Penghujung 2023!

 

Tak hanya itu, menariknya seluruh produk PRSY yang diluncurkan pada Sabtu (23/3) mulai dari produk sabun pembersih (foaming cleanser), penyegar (toner), krim siang (day cream), hingga krim malam (night cream) juga mengandung air zam-zam dan ekstrak buah tin.

 

Baca juga : Ramaikan Pasar Produk Skincare, Tulus Skin Fokus Keamanan Produk

Yusuf Seto selaku salah satu pemilik PRSY mengatakan kandungan air zam-zam dan buah tin berbeda-beda pada setiap produk. "Seperti salah satunya produk toner ada sampai 40% air zam-zam, ada kandungan DNA salmon juga dan bahan lainnya," katanya, dalam kesempatan yang sama. Lebih lanjut, Yusuf menambahkan bahwa air zam-zam langsung dikirim dari tempat asalnya dan kemudian diproduksi di Indonesia untuk menjadi produk skincare.

 

Kharisma Bibitani, yang juga pemilik PRSY mengatakan label Parisya Skincare membawa nilai-nilai islami dengan menyertakan air zam-zam dan buah tin yang memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, sehingga produk tersebut tentu halal dan bisa dipakai oleh semua tipe kulit.

Baca juga :  Jaga Kinerja Bisnis, PT VICI Lanjutkan Performa Luar Biasa di Kuartal III 2023

 

Dokter Enit menambahkan air zam-zam dan buah tin memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit. "Air zam-zam ini merupakan mineral, dengan pH yang cukup tinggi. Jadi kalau air pH 7 tapi kalau air zam-zam pH 8, jadi air zam-zam ini alkali," ungkapnya.

 

Baca juga : Maudy Ayunda Luncurkan Brand Kecantikan dari Ragam Hayati Indonesia

"Apa saja manfaatnya? Tentu saja membuat wajah itu jadi calming (menenangkan). Kita kalau kondisi kulit dari pagi sampai malam, terjadi penurunan kelembaban. Pada saat penggunaan buah tin ini ekstraknya bisa membantu untuk mengurangi penurunan kelembaban tersebut. Lalu, mengurangi kemerahan, biasanya paling sering kemerahan terjadi karena inflamasi karena jerawat, kulit kering," lanjutnya.

 

Caroline Soerachmat yang juga pemilik PRSY menjelaskan nama Parisya berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti perisai, yang memiliki filosofi seperti perisai yang bisa melindungi sehingga produk skincare ini diharapkan bisa melindungi dan menjaga kulit dengan baik.

 

Ke depannya, ia mengatakan PRSY akan mengulik buah-buah atau bahan-bahan yang ada di dalam Al Qur'an untuk kandungan produk skincare. Shandy Purnamasari, selaku pemilik PT Kosme, yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa Parisya Skincare memberikan warna baru pada kategori beauty brand yang ada di Tanah Air dengan membuat produk skincare yang mengandung air zam-zam dan buah tin. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat