visitaaponce.com

Ingin Makeup Tahan Lama Jangan Lupa Pakai Skincare

Ingin Makeup Tahan Lama? Jangan Lupa Pakai Skincare
Menggunakan skincare sebelum merias wajah(Ist)

SEJUMLAH orang percaya bahwa rahasia makeup atau riasan wajah bisa bertahan lama terletak pada produk yang digunakan. Namun ternyata yang paling penting justru kondisi kulit yang sehat. Salah satu cara mewujudkannya dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) yang tepat, sesuai dengan jenis kulit serta rutin dipakai.

Senada, aktris Cathy Sharon mengungkap rahasia makeup tahan lama yakni memiliki kulit sehat serta penggunaan skincare sebelum merias diri. Pemilik label kosmetik Sada by Cathy Sharon ini mendapatkan banyak ilmu saat mendalami dunia makeup, dari mulai yang memiliki look natural hingaa tahan lama.

"Makeup dan skincare harus bergandengan tangan. Jadi makeup yang mulus, paripurna, yang bagus itu membutuhkan canvas yang bagus juga, jadi perawatan kulit harus bagus," kata Cathy saat ditemui Media Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (23/2).

Baca juga : Pakai Skincare Berlapis, Baik atau Tidak?

"Kalau kulit wajah tidak ada jerawat dan teksturnya bagus kayak kulit bayi, makeup-nya akan jauh lebih maksimal," lanjutnya.

Tak hanya bagi para perempuan, pria juga sebaiknya merawat kulit dengan baik.

"Misalnya pas lagi ada rapat di zoom, tapi mata panda, jadi yang cowok juga bisa pakai minimal concealar biar membantu menyamarkan mata panda dan keliatan fresh. Tapi kalau kulitnya enggak bagus, agak susah nempelnya," ungkapnya.

Baca juga : MS Glow For Men Kembali Sponsori Tim MotoGP Gresii Racing team 

Pendapat lain tentang pentingnya penggunaan skincare sebelum makeup datang dari penata rias senior NARS Rebecca Moore dan ahli estetika medis senior di Skinfluencer London Ridah Syed.

"Memakai skincare adalah langkah terpenting sebelum makeup. Segala sesuatu yang Anda lakukan akan menentukan bagaimana look dari riasan dan bertahan sepanjang hari," kata Moore seperti dikutip dari situs marieclaire.co.uk.

Sedangkan Syed mengatakan penggunaan skincare secara rutin bisa membantu kulit tetap sehat sehingga mendukung makeup menjadi lebih tahan lama.

Baca juga : Dengan Perawatan Kulit Rutin, Pesona Kecantikan BCL Tetap Terjaga

"Kulit terhidrasi sama dengan kulit bercahaya bisa menjadi kanvas yang bagus untuk riasan," tutur Syed.

“Hal lain yang harus diperhatikan adalah menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda. Ini akan membantu riasan bertahan lebih baik dan tahan sepanjang hari," imbuhnya.

Urutan Penggunaan Skincare sebelum Makeup

Baca juga : Ini yang Dimaksud Skin Minimalism dan Manfaatnya

Moore menyebut dua produk skincare yang penting dipakai sebelum merias wajah yakni serum dan pelembap. Sementara Syed membagikan beberapa urutan pemakaian skincare sebelum makeup.

1. Mencuci dan Eksfoliasi Wajah

Syed merekomendasikan setelah mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah, bisa melakukan eksfoliasi. 

"Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kulit bagus dan halus, jadi cobalah melakukan eksfoliasi. Jangan gunakan exfoliant keras yang akan mengikis atau membuat kulit dehidrasi," ujarnya.

Baca juga : Selain Lindungi Kulit dari UV, Tinted Sunsceen Hasilkan Makeup Wajah Menawan

2. Serum 

Langkah selanjutnya memastikan kulit terhidrasi. Anda bisa mencari serum dengan kandungan hyaluronic acid. Hidrasi kulit dengan menggunakan asam hialuronat menjadi cara paling mudah.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam serum juga diperlukan.

"Ini akan membuat wajah Anda bercahaya," tambah Syed. 

3. Pelembap

Langkah selanjutnya ialah penggunaan pelembap, selain membantu menghidrasi kulit juga memperbaiki fungsi pelindung kulit.

4. Tabir Surya

Terakhir ialah memakai produk tabir surya atau sunscreen dengan minimal SPF-nya 30 untuk kulit wajah terlindungi dari paparan sinar matahari berlebih.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat