visitaaponce.com

7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Gampang Pikun, Termasuk Minum Alkohol

7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Gampang Pikun, Termasuk Minum Alkohol
Kebiasaan buruk yang bisa membuat pikun(Freepik)

HAI Jels, menjaga kesehatan otak bisa menjadi hal yang sulit, terutama di zaman sekarang ini dengan banyaknya kebiasaan buruk sehari-hari. Kebiasaan sehari-hari yang buruk bisa membuat seseorang menjadi lupa atau pikun. Namun jika hal ini terjadi berulang kali, bisa sangat mengganggu dan bahkan membuat frustrasi.
 
Lupa bukan hanya karena faktor usia, tapi juga karena kita sering meninggalkan kebiasaan baik demi meningkatkan daya ingat. Alih-alih menantang otak kita, kita malah membuatnya malas, dan akibatnya bisa menjadi pikun. Kebiasaan sehari-hari berikut ini dapat menyebabkan pikun: 

1. Tidak tidur cukup atau Begadang

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup tidur karena berbagai alasan, seperti bekerja berjam-jam atau begadang. Memiliki kebiasaan kurang tidur, akan membuat tubuh menjadi terlalu lelah dan Anda tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan. Karenanya jadi sering kali melupakan sesuatu. 

Jika ingin memperkuat daya ingat, pastikan Anda cukup tidur selama 7 hingga 9 jam sehari.

Baca juga : Hati-Hati, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Pikun

2. Tidak berlolahraga

Mempunyai kebiasaan tidak pernah berolahraga terbukti berkontribusi signifikan terhadap peningkatan risiko masalah memori yang dapat dengan cepat menyebabkan pikun. Nyatanya, olahraga yang teratur dapat meningkatkan daya ingat dan memberi otak kesempatan untuk menerima nutrisi dan oksigen saat menggerakkan tubuh. Berlari atau berolahraga selama 20 hingga 30 menit dalam tiga kali seminggu mungkin cukup untuk meningkatkan daya ingat.

3. Tidak mengonsumsi makanan sehat

Kebiasaan selanjutnya adalah tidak mengonsumsi makanan sehat. Banyak orang yang menganggap makanan sehat sangat sulit dibuat dan lebih memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat. Faktanya, kekurangan konsumsi makanan sehat dapat mempercepat proses pikun. Oleh karena itu, mulailah untuk mencoba mengonsumsi makanan sehat sebagai camilan seperti buah-buahan dan memperbanyak minum air putih untuk meningkatkan daya ingat.

4. Merokok

Jika Anda ingin memiliki ingatan yang jernih, sebaiknya berhenti merokok. Merokok diketahui dapat merusak sel-sel otak dan menghambat pembentukan sel-sel baru di hipokampus, yang dapat menyebabkan kelupaan.

Baca juga : Cicip Sensasi Segar Hidden Paradise di Terik Panas Kota Bekasi

5. Pola makan yang buruk

Kurangi asupan lemak jenuh tinggi, seperti kue keju mentega dan daging merah. Karena hal ini diketahui dapat meningkatkan risiko masalah kognitif. Cara terbaik untuk mengganti makanan tersebut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral.

6. Asupan alkohol berlebih

Bagian otak yang berhubungan dengan memori lebih rentan terhadap kerusakan akibat alkohol dibandingkan bagian otak lainnya. Konsumsi alkohol berlebihan  berdampak negatif pada daya ingat. 

Selain hati dan jantung, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan kesehatan otak yang buruk dan demensia. Neurotoksin seperti alkohol dapat menyebabkan atrofi otak dan menyebabkan hilangnya ingatan dini. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, konsumsilah hingga 1-2 minuman per hari dan waspadai faktor risikonya.

7. Lingkungan yang Berantakan

Lingkungan yang berantakan sering kali tak masalah buat sebagian orang. Namun, kebiasaan membiarkan kondisi lingkungan berantakan dapat membuat seseorang menjadi gampang lupa. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat