visitaaponce.com

324 Kursi SMA di Depok Masih Kosong

324 Kursi SMA di Depok Masih Kosong
Ilustrasi Guru memberikan materi sosialisasi pembelajaran daring kepada siswa baru di SMP Paramarta, Tangerang Selatan(MI/VICKY GUSTIAWAN)

Proses belajar mengajar secara daring di Kota Depok sudah mulai. Namun, masih ada 324 kursi kosong untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kursi-kursi kosong tersebut tersebar di 13 SMA. Kosongnya 324 kursi SMA diduga untuk diperuntukkan untuk siswa titipan.

Kepala SMA 2 Kota Depok Siti Faizah tidak menampik kekosongan ruang kelas di SMA-SMA tersebut. "Kita lihat nanti sebab baru hari ini saya menjabat Kepala Sekolah di SMA 2 Kota Depok, " ucap Siti, Senin (20/7).

Mantan Kepala SMA 10 Kota Depok itu juga tak menampik kekosongan 36 kursi peserta didik baru di SMA 2 Kota Depok. "Saya tidak komentar dulu maaf," elaknya.

Namun, seorang tenaga pendidik SMA 2 Kota Depok yang tidak bersedia disebut namanya mengakui ada 1 ruang kelas untuk 36 peserta didik baru di SMA 2 Kota Depok kosong.

"Ada 1 ruang kelas kosong. Saya tak tahu apakah nanti diisi setelah belajar tatap muka. Ini tugas lembaga terkait untuk investigasi," ungkapnya, Senin (20/7).

Dia memastikan 1 ruang kelas yang kosong di SMA 2 dengan jumlah siswa 36 tersebut akan diisi oleh siswa baru. Pasalnya ini menyangkut dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Baca juga: Anies Anggarkan Rp171 M untuk Bantu Siswa ke Sekolah Swasta

Dana BOS persiswa di SMA 2 nominalnya sebesar Rp195.000 per tahun kali 36 peserta didik sebesar Rp7.020.000 per tahun akan hilang kalau ruang kelas tersebut dikosongkan.

Menurutnya, tak cuma SMA 2 yang hilang dana BOS-nya, tapi juga SMA-SMA lainnya yang ada di Kota Depok. "Sekolah akan kehilangan dana BOS, masing-masing sekolah Rp7,020.000 per tahun, apabila 1 ruang kelas di kosongkan," tambahnya.

Sementara iuran sekolah untuk jenjang SMA sudah tidak boleh lagi. "Mulai tahun ini, sekolah tidak boleh lagi menarik dana dari siswa karena sudah ditanggung pemerintah provinsi Jawa Barat, " pungkasnya.

Untuk diketahui jumlah lulusan SMP yang melanjutkan pendidikan ke SMA di Kota Depok tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 26.957 orang. Sedangkan daya tampung SMA hanya 4,160 orang. Sisanya, sebanyak 22.797 ada yang melanjutkan ke sekolah swasta dan ada yang putus sekolah. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bude

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat