visitaaponce.com

Besok, Vaksinasi Covid Untuk Ibu Hamil di Kota Tangerang

Besok, Vaksinasi Covid Untuk Ibu Hamil di Kota Tangerang
Ilustrasi: Ibu hamil(MI/Ramdani)

PEMERINTAHh Kota (Pemkot) Tangerang, Provinsi Banten, melalui Dinas Kesehatan akan melaksanakan vaksinasi terhadap ibu hamil di 38 Puskesmas se-Kota Tangerang dan RSUD Kota Tangerang, mulai besok (Kamis, 19/8)

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dinkes Kota Tangerang, Hermayani mengatakan sejak surat edaran (SE) Kemenkes HK.02.01/I/2007/2021, tentang pemberian vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil turun, pihaknya melalui puskesmas langsung melakukan sosialisasi terkait akan dimulainya vaksinasi ibu hamil. Terlebih kepada ibu hamil yang sudah terdata pada program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Kota Tangerang

"Dengan itu, kami mengimbau bagi ibu hamil yang sekiranya belum terdata di Puskesmas setempat, namun secara masa kehamilan bisa divaksinasi segera melakukan pendataan atau pendaftaran vaksinasi di puskesmas, agar segera mendapatkan jadwal vaksinasi covid-19 ibu hamil,” kata Hermayani.

Ia pun menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ibu hamil hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas atau Rumah Sakit. “Ibu hamil merupakan sasaran vaksinasi khusus yang perlu dipersipkan dan ditangani sebaik mungkin. Dengan itu, dokter khusus screening atau pemeriksaan medis pun disiapkan dimasing-masing puskesmas,” ungkap Hermayani.

Ia pun menjelaskan, screening vaksin ibu hamil tidak bisa menggunakan sistem screening masyarakat umum. Ibu hamil harus melalui 10 pertanyaan screening. Mulai dari masa kehamilan, pengecekan tanda-tanda keracunan kehamilan, tensi diangka 140/90 sudah harus ditunda, tidak pusing, pandangan tidak kabur dan beberapa poin lainnya.

"Intinya teknis medis akan lebih mendalam pada vaksinasi ibu hamil ini,' kata dia.

Sedangkan mengenai jenis vaksinasi ibu hamil di Kota Tangerang, lanjutnya menggunakan jenis Sinovac dengan waktu observasi selama 15 menit. Dan Dinkes kota Tangerang juga bekerjasama dengan Organisasi Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) untuk memantau kondisi ibu hamil tersebut secara berkelanjutan melalui link kartu kendali khusus ibu hamil setelah vaksin sampai dengan melahirkan.

“kami harap ibu hamil tidak ragu mengikuti vaksinasi, karena vaksinasi ini dilakukan untuk melindungi ibu hamil dari virus covid-19, mengingat ibu hamil masuk kategori rentan terpapar covid-19,” katanya. Adapun vaksin untuk ibu hamil di Kota Tangerang itu sekira 3000 vaksin lebih.(OL-13)

Baca Juga: Politikus PDIP Siap Bergerilya Politik Demi Interpelasi Anies

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat