visitaaponce.com

Roy Suryo Dinilai Kooperatif, Polisi tidak Lakukan Penahanan

Roy Suryo Dinilai Kooperatif, Polisi tidak Lakukan Penahanan
Mantan Menpora Roy Suryo saat berada di dalam mobilnya pada 2014 lalu.(Dok. MI)

PIHAK kepolisian tidak menahan Roy Suryo setelah diperiksa sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama, yang merupakan buntut unggahan meme stupa Candi Borobudur.

Diketahui, Roy Suryo menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Polda Metro Jaya pada Kamis (28/7) kemarin. Roy diperiksa selama hampir 10 jam oleh penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Saat meninggalkan Polda Metro Jaya, Roy menggunakan penyangga leher dan harus dituntun oleh istri, serta penasihat hukum saat masuk ke dalam mobilnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan Roy tidak ditahan seusai menjalani pemeriksaan. Penyidik menilai Roy kooperatif dan tidak akan menghilangkan barang bukti. Atas pertimbangan itu, penyidik tidak melakukan penahanan.

Baca juga: Tersangka Roy Suryo Bebas Usai Diperiksa dalam Kasus Meme Candi Borobudur

"Sudah pasti dia kooperatif. Penyidik menganggap tidak perlu dilakukan penahanan terhadap yang bersangkutan. Istilah hukumnya, atas dasar pertimbangan penyidik," jelas Zulpan di Jakarta, Jumat (29/7).

Meski tidak ditahan, lanjut dia, kasus yang menjerat Roy Suryo akan terus berjalan. Proses pemeriksaan terus dilakukan untuk melengkapi berkas perkara sebelum dilimpahkan ke kejaksaan.

"Tugas penyidik adalah melengkapi berkas perkara ini, dengan keterangan yang lain yang masih dibutuhkan dalam rangka pemberkasan. Kalau sudah lengkap, tentunya akan kita limpahkan ke kejaksaan," imbuhnya.

Baca juga: Pengacara Roy Suryo Ungkap Kliennya Muntah Sampai Pingsan

Sebelumnya, viral beberapa foto di media sosial Twitter tentang foto stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Joko Widodo. Unggahan itu ditambah dengan keterangan "Si stupa Candi Borobudur ada patung dewa anyar".

Adapula unggahan patung Candi Borobudur lainnya. Dalam unggahan itu, diberi keterangan 'pantas saja tiketnya mahal, ternyata opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN'.

Kedua foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @KRMTRoySuryo2. Dalam unggahan itu, dia menuliskan narasi "mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur". Demikian bunyi sebagian cuitan Roy Suryo.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat