visitaaponce.com

Proyek MRT Rute HarmoniMangga Besar Mulai Dikerjakan

Proyek MRT Rute Harmoni–Mangga Besar Mulai Dikerjakan
Ilustrasi(Antara)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, proyek pembangunan MRT Fase 2A segmen Harmoni- Mangga Besar, Jakarta resmi dimulai.

Hal ini ditandai dengan Groundbreaking Contract Package (CP) 202 MRT Jakarta Fase 2A dan Pembukaan Kembali Kawasan Kota Tua, di areal Stasiun Jakarta Kota, Sabtu malam (10/9).

“Pemerintah konsisten membangun konektivitas perkotaan melalui angkutan massal. MRT fase 2A (koridor selatan-utara) ini akan kita mulai dan akan diteruskan sampai Ancol," kata Menhub dalam keterangan resmi, Minggu (11/9).

Menhub mengungkapkan, pemerintah terus berupaya membangun angkutan massal yang bisa menghubungkan tempat-tempat wisata.

MRT Fase 2A sendiri akan melewati kawasan warisan sejarah (heritage) yang juga menjadi destinasi wisata, salah satunya yaitu di kawasan Kota Tua, Jakarta Kota.

“Saya mendukung pembukaan kembali Kawasan Kota Tua oleh pemprov DKI yang nantinya akan memberikan nilai tambah dengan kehadiran MRT," ucap Budi.

"Dengan dilewati MRT, diharapkan kawasan Kota Tua ini akan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat,” tambahnya.

Selain membangun jalur MRT di selatan-utara, pemerintah juga akan membangun MRT fase 3 koridor timur – barat dan juga fase 4 dari Jalan Fatmawati sampai Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menhub berujar keberlangsungan pembangunan MRT di Jakarta merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, Pemprov DKI Jakarta, dan juga kerja sama dengan pemerintah Jepang atau melalui Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) yang telah membantu dalam pembiayaan proyek MRT.

“Apa yang kita lakukan ini menjadi contoh bagi kota-kota lainnya untuk menjadikan angkutan massal sebagai prioritas," kata Menhub.

Menurutnya, dengan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, masyarakat bisa berhemat dari pengeluaran biaya bahan bakar minyak (BBM).

Jalur MRT Harmoni-Mangga Besar merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A, yang membentang sepanjang 6,3 Km dari Thamrin sampai ke Jakarta Kota, yang melewati tujuh stasiun bawah tanah, Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Pembangunan MRT Fase 2A terbagi atas tiga paket, yakni CP 201, CP 202, dan CP 203. Untuk Fase 2A CP 202 membentang sepanjang 1,8 Km melewati tiga stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar. Diproyeksikan, keseluruhan pembangunan MRT Fase 2A dapat diselesaikan pada 2028. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat