visitaaponce.com

DKI Bangun Rusun di Ragunan untuk Warga Terimbas Proyek Normalisasi

DKI Bangun Rusun di Ragunan untuk Warga Terimbas Proyek Normalisasi
Warga beraktivitas di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Daan Mogot,(ANTARA FOTO/Vitalis Yogi)

PEMPROV DKI Jakarta berencana membangun rumah susun di Jalan Margasatwa, Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan tahun depan. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sardjoko mengatakan rusun itu akan terdiri dari tiga tower dengan kapasitas 225 unit per tower.

"Ya salah satunya kita menyiapkan di Jaksel. Ini akan kita bangun di Jl Margasatwa di 2023-2024. Salah satu yang kita dorong di Jaksel, itu di Rusun Margasatwa," kata Sardjoko di Jakarta, Kamis (27/10).

Pembangunan rusun tersebut bakal menelan dana APBD sebesar Rp375 miliar yang dianggarkan dengan sistem tahun jamak atau multiyears. Sardjoko melanjutkan, rusun itu nantinya akan menjadi tempat tinggal baru bagi warga yang direlokasi dari bantaran kali sebagai dampak kebijakan normalisasi kali yang dilakukan Pemprov DKI untuk mengurangi banjir.

"Memang kita masih ada kesulitan, kekurangan suplai untuk hunian di Jaksel. Kemarin kita dapat dukungan dari DPRD untuk bisa menyediakan land banking baru untuk kebutuhan nanti bangun lokasi rusun baru. Ini masih berproses," jelasnya.

Baca juga: 150 Warga Terdampak Kebakaran Cakung Dipindahkan Sementara ke Rusun

Di sisi lain, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman masih memiliki rusun-rusun yang dapat digunakan sebagai tempat relokasi warga terimbas proyek Pemprov DKI.

"Kalau Jaktim suplai kita cukup banyak. Rusun baru juga sudah ada. Prinsipnya kita mencoba berikan alternatif kepada warga DKI yang mereka secara sadar ingin tinggal di rusun, di Jaktim ada. Di Kelapa Gading juga ada," tukasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat