visitaaponce.com

Keluarga Ketua RT Kemanggisan Dapat Santunan Rp 42 Juta dari BP Jamsostek

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Grha BP Jamsotek menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris almarhum M Yunus Ramli yang menjabat Ketua RT Kelurahan Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

Santunan diterima langsung oleh Jaenal Abidin, anak dari almarhum M Yunus, sebesar Rp 42 juta yang diberikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Cabang Grha BPJamsostek Achmad Fatoni.

Pada acara penyerahan santunan turut hadir Kepala Bidang Kepesertaan Khusus Kantor Cabang Grha BPJamsostek Bagus Teja Harmoko dan Lurah Kemanggisan Jakarta Barat Firmansyah. 

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Ajak Tenaga Kependidikan Jadi Peserta Jamsostek

Dalam sambutannya, Achmad Fatoni mengatakan, almarhum tergabung dalam organisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang ada didalam naungan Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. 

Almarhum M Yunus telah terdaftar sebagai pesrta BPJS Ketenagkerjaan selama 1 tahun dengan mengikuti 2 program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan pembayaran iuran per bulan hanya Rp 16.800.

Dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan keluarga almarhum berhak mendapatkan santunan dari manfaat program BPJS Ketenagakerjaan berupa santunan kematian Rp 20 juta, santunan berkala Rp 12 juta, serta biaya pemakaman Rp 10 juta.

Baca juga : Ahli Waris Pegawai PPNPN Terima Santunan dan Beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan

Maka, jumlah total santunan dari BPJS Ketenagakerjaan Rp 42 juta diterima ahli waris.

Achmad Fatoni berharap santunan yang diperoleh bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pendidikan anak dan kesejahteraan hidup keluarga.

"Kehadiran BPJS Ketenagakerjaan di tengah masyarakat tentunya memberikan perlindungan terhadap risiko sosial yang sangat mungkin terjadi kepada siapa saja kapanpun," jelas Fatoni.

Baca juga : Ahli Waris Kader Dasawisma Terima Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan

"Fungsi program BPJS Ketenagakerjaan  adalah meringankan beban yang timbul akibat risiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun," jelasnya.

Ia mengatakan terkait dengan programnya, BPJS Ketenagakerjaan mengusung slogan "Kerja Keras Bebas Cemas" dan siapapun bisa menjadi peserta termasuk para pekerja Informal.  

Sementara itu, Lurah Kemanggisan Firmansyah menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Grha BP Jamsostek yang telah berupaya untuk terus mensosialisasikan program ini ke masyarakat. 

"Kami juga akan selalu mensosialisasikan program pemerintah ini ke seluruh masyarakat yang ada di lingkungan Kelurahan kemanggisan untuk ikut serta menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Firmansyah.

"Terutama kepada para pekerja yang bergerak di sektor informal seperti pedagang, tukang ojek, asisten rumah tangga, dan lainnya dengan iuran sangat terjangkau mulai dari iuran Rp 16.800 manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bisa dirasakan ke seluruh masyarakat untuk kesejahteraan," papar Firmansyah. (RO/.OL-09).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat