visitaaponce.com

Disdik SDN Pondok Cina 1 Depok Dibangun Tahun Ini oleh Kementrian PUPR

Disdik: SDN Pondok Cina 1 Depok Dibangun Tahun Ini oleh Kementrian PUPR
Sutarno, Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdispendik) Kota Depok(MI/Kisar Rajagukguk)

PEMBANGUNAN gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, dibangun tahun ini atau 2023.

Hal tersebut diungkapkan Sutarno, Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdispendik) Kota Depok saat dihubungi di kantornya, Senin (30/1).

Sutarno mengungkapkan lokasi letak pembangunan gedung SDN Pondok Cina 1 berada satu komplek dengan gedung SDN Pondok Cina 5 di Kelurahan Pondok Cina. "Area pembangunan SDN berada satu lokasi dengan SDN Pondok Cina 5," ujarnya.

Untuk lahan gedung SDN, lanjutnya, sudah disiapkan Pemkot Depok. Sementara untuk pembangunan gedung SDN dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pembangunan SDN, masuk dalam desk Kementrian PUPR dan kalau tidak salah bila tidak ada hambatan tahun (2023) dibangun," ungkap dia.

Dia menegaskan karena sudah masuk ranahnya Kementrian PUPR, pihaknya sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, hanya melaporkan dan menunggu bangunan tersebut selesai dikerjakan. Kemudian difungksikan dengan semestinya untuk proses belajar mengajar SDN Pondok Cina 1.

"Mereka (Kementerian) yang lakukan pelelangan, tender, proses pengawasan, kami disini hanya terima manfaat saja," tegasnya.

Baca Juga: Kecam Pemkot Depok, P2G Sebut Penggusuran SDN Pondok Cina ...

Tahun 2022 lalu, Disdik sudah mengusulkan sekolah dilakukan proses pembangunan yang akan dikerjakan tahun ini. Harapannya, tidak ada hambatan berarti sehingga semua proses yang nanti Kementrian PUPR lakukan untuk pembangunan bisa segera dilaksanakan.

"Kita harapkan tahun ajaran baru 2024, gedung SDN dengan 6 ruang kelas tersebut sudah selesai serta digunakan untuk proses belajar mengajar SDN," tambahnya.

Anggaran pembangunan gedung 6 ruang kelas baru SDN, ungkap dia, dari APBN Kementerian PUPR. Sutarno mengatakan hasil koordinasi Disdik dengan pihak kementerian, biaya pembangunan ruang kelas 1-6, termasuk skema pembangunan konstruksi dan pembangunan ruang guru, sarana olah raga, dan fasilitas lain ditanggung pemerintah pusat.

"Kami (Pemkot/Disdik Kota Depok) komit terhadap janji untuk memfasilitasi gedung baru SDN. Kami tidak ada rencana atau maksud menelantarkan siswa SDN Pondok Cina 1 sebagaimana isu yang beredar," tutur Sutarno.

Anggota Komisi A DPRD Kota Depok Nurhasim mengapresiasi kinerja Dispendik Kota Depok yang memfasilitasi gedung baru untuk SDN Pondok Cina 1.

Ia berharap pembangunan gedung sekolah bisa tepat waktu sehingga tahun depan sudah bisa dimanfaatkan murid-murid sekitar untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), seperti halnya di sekolah-sekolah lainnya.

“Saya mengapersiasi Dispendik Kota Depok dan Kementerian PUPR untuk membangun gedung baru SDN Pondok Cina 1. Saya optimistis,” terang Nurhasim.

Bekas bangunan Gedung SDN Pondok Cina 1 yang sudah berusia puluhan tahun itu akan digunakan untuk pembangunan masjid, setelah pembangunan gedung selesai dan setelah seluruh siswa pada SDN Pondok Cina 1 direlokasi. (OL-13)

Baca Juga: Aktivitas Belajar Mengajar di SDN Pondok Cina 1 Depok Telah ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat