visitaaponce.com

Proyek Penyaringan Sampah Kali Ciliwung Baru Rampung Bulan Depan

Proyek Penyaringan Sampah Kali Ciliwung Baru Rampung Bulan Depan
Potret petugas membersihkan sampah di Kali Ciliwung.(Dok. MI)

PENYELESAIAN proyek penyaringan sampah Kali Ciliwung diketahui mengalami keterlambatan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan proyek tersebut harusnya selesai Januari 2023.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pembebasan lahan menjadi hambatan dalam menyelesaikan proyek. Adapun pembebasan lahan untuk proyek saringan dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI.

Baca juga: Selain Ciliwung, Saringan Sampah bakal Dibangun di Kali Pesanggrahan

"Memang ada sedikit hambatan, karena di pembebasan lahannya kita kasih perpanjangan waktu kompensasi kepada mereka, hingga di 26 Maret 2023 untuk penyelesaiannya," tutur Asep di Gedung DPRD DKI, Rabu (1/2).

Proyek saringan tersebut menelan APBD DKI Jakarta hingga Rp190 miliar. Diketahui, pembangunan penyaringan berada di wilayah perbatasan Jakarta dengan Depok.

Baca juga: Cegah Stunting, DKI Fokus Pemenuhan Gizi Ibu Hamil dan Balita

Pun, pembebasan lahan yang diperlukan cukup banyak, karena mencakup dua titik penyaringan. "Lumayan banyak, karena memang itu kan pembebasan lahannya menjadi kewajiban Dinas SDA," imbuhnya.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Anies Baswedan mengusulkan pembangunan saringan sampah Kali Ciliwung, yang berlokasi di titik perbatasan dengan daerah penyangga. Tujuannya, sampah yang mengalir bisa disaring dan diangkut otomatis oleh mesin, sehingga mengurangi banjir.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat