visitaaponce.com

Tersangka Penipuan Travel Umrah Coba Hilangkan Barbuk

Tersangka Penipuan Travel Umrah Coba Hilangkan Barbuk
Jamaah Umroh asal Indonesia bersama negara lain melaksanakan Tawaf saat ibadah Umroh seusai Salat Subuh di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi(MI/RAMDANI)

TERSANGKA penipuan travel umrah, Mahfudz Abdulah alias Abi, 52 dan Halijah Amin alias Bunda, 48, sempat berupaya menghilangkan barang bukti kejahatan, tiga buah kartu anjungan tunai mandiri (ATM) sebelum ditangkap di Hotel Adillah Syariah, Yogyakarta. 

"MA (Mahfudz Abdulah) ini sempat buang tiga kartu ATM di tempat sampah kamar mandi hotel tempat mereka tinggal," kata Kasubdit Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Joko Dwi Harsono, Rabu (29/3).

Ia ngatajan, tiga kartu ATM tersebut diduga merupakan rekening penampungan dana ratusan korban penipuan umrah PT Naila Safaah Wisata Mandiri. Joko menyebutkan bahwa Mahfudz awalnya berdalih mulas ingin buang air besar atau BAB ketika hendak di bawa ke Jakarta. 

Baca juga: Travel Umrah Penipu, PT Naila, Memiliki Lebih dari 300 Cabang

"Alasan dia ke penyidik katanya mau BAB. Di situ dia buang kartu ATM tersebut," sebut Joko. 

Lebih lanjut, Joko menyatakan masih mendalami daftar transaksi keuangan di tiga rekening ATM tersebut.

Baca juga: Komnas Haji Minta Travel PT Naila Penipu 500 Jemaah Umrah Ditindak Tegas

Sebelumnya, Polisi telah menangkap pemilik travel umrah yang menipu ratusan jemaah hingga menelantarkannya di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Tanah Air. Tersangka yakni, Mahfudz Abdulah dan istrinya Halijah Amin alias Bunda, ditangkap di salah satu kamar unit hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Adillah Syariah, Senin (27/3).

Terungkapnya penipuan ini setelah Satuan Tugas (Satgas) antimafia umroh Polda Metro Jaya menerima laporan dari Kementerian Agama (Kemenag) soal adanya jemaah umrah yang tidak bisa pulang ke Tanah Air. (Z-10).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat