visitaaponce.com

Dinkes DKI Dirikan Posko Kesehatan Mudik Lebaran

Dinkes DKI Dirikan Posko Kesehatan Mudik Lebaran
Petugas kesehatan posko kesehatan mudik melayani warga di Terminal Bus Kampung Rambutan(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

DINAS Kesehatan DKI Jakarta bakal mendirikan posko kesehatan di pusat layanan mudik sampai arus balik lebaran. Posko tersebut akan didirikan di terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan stasiun kereta api.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, posko didirikan mulai H-7 atau 15 April serta H+7 atau sampai 29 April nanti.

"Poskonya di tempat-tempat layanan transportasi, di terminal bus, di stasiun. Biasanya H-7 sampai H+7," ungkap Ani di Gedung DPRD DKI, Rabu (29/3).

Baca juga: Dinkes DKI Siagakan Posko Kesehatan Mudik di Terminal dan Stasiun

Pendirian posko sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI. Akan ada 10 orang petugas medis yang berjaga dalam dua sif untuk memberikan layanan kesehatan baik pada penumpang maupun pemeriksaan kesehatan pada para awak pengemudi guna memastikan keselamatan perjalanan. Selain adanya dokter dan perawat, Dinkes DKI juga menyediakan satu unit mobil ambulans di posko tersebut.

"Harapannya dengan ini bisa meminimalisir kecelakaan," kata Ani.

Baca juga: Menag Cek Kesiapan Posko Kesehatan di Mina

Sementara itu, pemeriksaan pada awak pengemudi antara lain melipuyi tingkat tekanan darah, tes diabetes melitus, dan tes narkotika serta zat adiktif lainnya.

Ani menambahkan, pihaknya bisa menambah jumlah petugas bila dibutuhkan pada terminal atau tempat layanan transportasi yang memiliki jam kedatangan hingga keberangkatan 24 jam. Di samping itu, puskesmas yang letaknya berdekatan dengan pusat layanan transportasi juga tidak akan tutup untuk dapat melayani pasien.

"Kalau terminalnya 24 jam, yang di terminal besar, ada yang 24 jam. Nanti disesuaikan dengan kapasitasnya, berapa busnya. Kalau memang perlu 3 sif, kita sediakan tidak sif," tuturnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat