visitaaponce.com

Harga Tiket Bus Mudik Lebaran di Terminal Depok Naik 100 Mulai Hari Ini

Harga Tiket Bus Mudik Lebaran di Terminal Depok Naik 100% Mulai Hari Ini
Deretan bus menanti penumpang di Terminal Jatijajar, Depok, Jabar, Rabu (12/4).(MI/Kisar)

PERUSAHAAN otobus (PO) di Terminal Jatijajar Kota Depok, Jawa Barat menaikkan tarif bus angkutan Lebaran lebih 100%. Kenaikan itu dimulai pada H-10 Lebaran atau Rabu (12/4).

”Naik 100% mulai H-10 sampai H+10 Lebaran, ini berlaku setahun sekali sehingga PO wajar sekali menaikkan tarif. Kami menganggap ini sebagai tunjangan hari raya masing-masing PO,” kata Sobihin salah satu mandor bus di Terminal Jatijajar, Kota Depok Rabu (12/4).

Menurutnya, harga tiket lebaran 100% berlaku untuk seluruh PO. Baik PO bisnis eksekutif, VIV maupun bus ekonomi.

Baca juga : Presiden Cek Kesiapan Pelabuhan Merak untuk Mudik

Penaikan harga tiket Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) eksekutif, VIP dan AKAP ekonomi itu berlaku dari mulai keberangkatan 12 April hingga 12 Mei 2023.

Harga tiket ekonomi dari Terminal Jatijajar ke Padang yang biasanya Rp350 ribu naik menjadi Rp700 ribu. Terminal Jatijajar ke Palembang yang biasanya Rp240 ribu naik menjadi Rp480 ribu. Terminal Jatijajar ke Lampung yang biasanya Rp140 ribu naik menjadi Rp280 ribu.

Baca juga : Selama Musim Mudik, Pemerintah Diskon Beri Diskon Jalan Tol Hingga 20%

Kemudian harga tiket ekonomi dari Terminal Jatijajar ke Cirebon yang biasanya Ro70 ribu naik menjadi Rp140 ribu. Terminal Jatijajar ke Pekalongan yang biasanya Rp75 ribu naik menjadi Rp150 ribu.

Kemudian tarif ekonomi dari Terminal Jatijajar ke Jogyakarta yang biasanya Rp160 ribu naik menjadi Rp320 ribu, dan Terminal Jatijajar ke Solo yang biasanya Rp150 ribu naik menjadi Rp300 ribu. " Penaikan harga tiket 100% juga terjadi untuk bus eksekutif maupun VIV yang harga tiketnya melebihi tiket ekonomi, " ujarnya.

Joko mandor tiket lainnya, mengatakan penaikan tarif 100 persen bahkan 125 persen adalah merupakan hal lumrah dalam setiap Lebaran. " PO bukan kali ini saja melakukan penyesuaian tarif, sebelum-sebelumnya saat akan lebaran menaikkan tarif juga. Kami kan tak dapat THR dari pemerintah, ya inilah THR kami, " ucap Joko di Terminal Jatijajar Rabu (12/4).

Menjelang masa mudik lebaran, harga tiket bus AKAP pasti mengalami kenaikan. Bagi kalangan para pemudik, kenaikan harga tiket transportasi menjelang libur lebaran sudah menjadi hal yang cukup umum.

Mudik gratis jadi alternatif

Kepala Terminal Jatijajar Kota Depok Asri Immanuel Sinuraya yang dikonfirmasi di terminal yang sama mengungkapkan kenaikan harga tiket ini kebijakan perusahaan otobus.

"Ini kebijakan yang disesuaikan dengan mekanisme pasar oleh masing-masing PO Terminal Jatijajar. Jadi, meskipun harga tiket naik dua kali lipat dibandingkan hari biasanya, kenaikan harga ini sudah menjadi kebiasaan di setiap masa mudik lebaran, " papar Asri Rabu (12/4).

Asri menghimbau warga Kota Depok yang ingin merayakan Idulfitri di daerah kampung halaman di Pulau Jawa dan lainnya supaya melakukan mudik gratis bersama armada AKAP yang disiapkan oleh pemerintah maupun perusahaan-perusahaan.

" Sekarang ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut oleh pemerintah sehingga beberapa perusahaan di Kota Depok mengadakan mudik gratis, ikut rombongan mudik gratis saja, daripada bayar tiket mahal-mahal, " tutupnya (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat