visitaaponce.com

Warga Taman Kedaung Tangsel Gelar Makrab dengan Inspirator Muda

Warga Taman Kedaung Tangsel Gelar Makrab dengan Inspirator Muda
Malam keakraban warga Taman Kedaung Tangerang Selatan bersama tokoh muda inspirator Arief Rahmat Nugraha, Sabtu (27/5) malam.(Ist)

MALAM keakraban warga RT 007, RW 007, Perumahan Taman Kedaung, Pamulang, Tangerang Selatan, bersama tokoh pemuda Inspirator Founder Forum Inspirasi Pojok ARN, Arief Rahmat Nugraha, pada Sabtu (27/5) malam berlangsung sederhana, akrab, dan antusias, serta khidmat.

Arief Rahmat Nugraha yang akrab disapa ARN hadir di tengah masyarakat Tangsel didampingi Founder Forum Inspirasi Pojok ARN lainnya Amel dan Michael, keduanya alumni kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sukses membangun UMKM berkolaborasi dengan ARN.

Acara diawali meyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Ketua Panitia Atik Taufik yang menyampaikan apresiasi atas partispasi aktif warga, serta tokoh masyarakat Taman Kedaung yang hadir.

Ketua RT 007 Arif Asikin mengutarakan makrab menjalin silaturahim untuk saling memaafkan, menjaga kerukunan dan kebersamaan. Serta memberikan masukan dan saran untuk lingkungan seperti kebersihan.

Senada, Ketua RW 007 Wahyudi mengatakan pascapandemi covid 19 warga dapat berkumpul lagi dengan segala dukanya.

"Melalui makrab harapan kita dapat neningatkan kesatuan persatuan sesama warga, tidak ada gangguan dan kita jaga kebersihan, terutama dari sampah," tegas Wahyudi.

Dalam kesempatan itu, ARN mengutarakan kisah-kisah inspiratif sebagai teladan inspirator yang sudah melakukan hal-hal positif yang dapat mengubah cara seseorang dalam memandang kemampuan diri sendiri.

"Inspirasi berbeda dengan motivasi. Karena inspirasi tidak berani mengatakan kalau belum melakukan," kata ARN penuh semangat.


Baca juga: Polisi Amankan Seorang Satpam yang Bobol Rumah Warga Kalideres


ARN yang juga wirausahawan ini memaparkan program yang peduli terhadap masyarakat di antaranya Satu Rumah Satu Pengusaha. Hemat dia, jika lingkungan RT rata-rata di rumah mempunyai satu pengusaha pastinya akan sangat membantu perekenomian yang lebih baik lagi.

Menurut Amel, yang juga dosen UIN Jakarta, ARN mempunyai target untuk masyarakat setempat jika ingin menjadi pengusaha melalui tahap dan skala masing-masing masyarakat sesuai kapasitas warga yang dibutuhkan. Level 0 adalah warga yang tidak mempunyai usaha, Level 1 adalah warga yang sudah mempunyai usaha, dan Level 2 adalah warga yang memiliki legalitas usaha.

"Sedangkan Level 3 adalah warga yang sudah 'go export'. Nah, Forum Inspirasi Pojok ARN sangat berharap kepada semua masyarakat untuk bisa bertumbuh agar bisa menjadi lebih baik dan sukses," tandas Amel.

Ia menjelaskan untuk Level 0 warga yang tidak mempunyai usaha akan diajarkan secara langsung menjadi pengusaha, diberikan arahan membuat bisnis dengan perencanaan yang tepat sesuai keinginan usahanya. Level 1 warga yang sudah mempunyai produk usaha akan diajarkan digital marketing, desain, laporan keuangan.

Untuk Level 2 setelah mempunyai produk usahanya akan dibina menjadi UMKM yang bisa dibantu untuk masuk dalam program pemerintah. Setelah mempunyai perizinan lengkap warga akan naik Level 3 yang akan siap go export.

"Alhamdulillah dengan kehadiran pak Arief Rahmat Nugraha masyarakat sangat antusias ingin menjadi pengusaha karena mereka yakin dengan Satu Rumah Satu Pengusaha akan banyak orang-orang sukses secara bersama-sama," pungkas Amel. (I-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat