visitaaponce.com

Uji Coba Rute Bandara Soetta-Terminal Kalideres, Dishub DKI Siapkan 15 Bis TransJakarta

Uji Coba Rute Bandara Soetta-Terminal Kalideres, Dishub DKI Siapkan 15 Bis TransJakarta
Bus TransJakarta(MI/Susanto )

TRANSJAKARTA bakal mengujicoba rute baru menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rute baru khusus karyawan yang bekerja di bandara ini diadakan setelah adanya permintaan dari PT AP II saat meninjau layanan KA Bandara bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 28 Mei lalu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya sedang mengajukan izin kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk izin rute tersebut.

"Saat ini sedang dilaksanakan pemenuhan administrasi dimana karena TransJakarta akan melayani ke bandara yang di luar Jakarta, maka izin dari Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ)," ungkap Syafrin di Jakarta, Rabu (14/6).

Baca juga:Diprotes Penumpang, TransJakarta Tambah Perjalanan Rute L13E Puri Beta-Kuningan

Meskipun nantinya izin sudah terbit, TransJakarta rute tersebut tidak akan langsung dioperasionalkan secara penuh. Total ada 15 unit armada TransJakarta yang akan diterjunkan untuk uji coba tersebut.

"Sebelum dioperasionalkan penuh. Ini akan dilakukan uji coba. Kami harapkan uji coba bisa dilakukan paling lambat minggu pertama Juli. Jadi tahap awal akan dioperasionalkan dari Terminal Kalideres ke Bandara," terangnya.

Baca juga: TransJakarta Sudah Menjangkau 88% Warga DKI Jakarta

Menurut dia, rute itu tidak menjadi satu-satunya rute yang akan diuji coba. Akan ada rute-rute lainnya yang bakal diujicobakan. Kemudian, dari uji coba itu, Dishub DKI akan melakukan evaluasi mana rute yang paling layak untuk dipermanenkan.

Di sisi lain, uji coba rute ke bandara ini akan tetap berbayar. Untuk tarifnya dan skema pemberian subsidi masih dikaji.

"Ini karena masih dihitung, ini akan kami kaji dari sisi layanan. Jika layanan Rp3.500 itu tentu skema subsidi. Tapi dari sisi jaringan dan lain sebagainya, ini juga jadi faktor penentu dan kemudian pada saat kajian sudah lengkap ini akan diumumkan," tandasnya. (Put)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat