visitaaponce.com

Rabithah Alawiyah Dukung MUI Selesaikan Polemik Pondok Pesantren Al-Zaytun

Rabithah Alawiyah Dukung MUI Selesaikan Polemik Pondok Pesantren Al-Zaytun
Panji Gumilang mengangkat jempol.(DOK Metro TV. )

RABITHAH Alawiyah menyampaikan dukungan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengusut tuntas dugaan penyimpangan agama di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Dukungan tersebut disampaikan melalui surat resmi DPP Rabithah Alawiyah yang ditandatangani oleh Ketua Umum Habib Taufik bin Abdulqadir Assegaf dan Sekretaris Umum Mohammad bin Mohdar Alhamid.

Dalam surat tersebut, Rabithah Alawiyah juga meminta kepada MUI untuk segera mengeluarkan fatwa penyimpangan yang terjadi di Ponpes Al Zaytun.

Baca juga: Moeldoko Geram Dituding Bekingi Al-Zaytun

“Menanggapi polemik yang terjadi beberapa hari terakhir terkait dugaan penyimpangan agama di Pondok Pesantren Al-Zaytun, maka Rabithah Alawiyah mendukung MUI untuk mengeluarkan fatwa penyimpangan tersebut,” melalui keterangannya pada Senin (3/7).

Selain itu, pada surat tersebut, Rabithah Alawiyah meminta kepada pemerintah pusat segera mengambil langkah tegas kepada pendiri Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Baca juga: Rumah Panji Gumilang di Lahan Luas Depok Terlihat Sepi

“Meminta kepada pemerintah pusat untuk segera mengambil langkah tegas terhadap pendiri Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang, untuk diproses secara hukum,” tutupnya.

MUI telah menyatakan akan segera mengeluarkan fatwa terkait dengan persoalan di Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (27/6).

“Tadi dilaksanakan rapat pimpinan MUI. Salah satu agendanya adalah mendengar laporan tim pengkajian yang sudah dilaksanakan, dan setelah itu, akan didalami lebih lanjut untuk kepentingan tindak lanjutnya,” kata dia.

Niam mengatakan, dalam laporan tersebut, poin-poin yang menjadi pembahasan yakni klarifikasi atas beberapa masalah yang sudah diinventarisir oleh tim MUI. Beberapa poin tersebut juga sudah dikonfirmasi kepada Panji Gumilang dan beberapa point lainnya yang didapatkan oleh tim dari sumber-sumber lainnya.

“Sudah mengkonfirmasi dan mengklarifikasi dan itu juga sudah dilaksanakan hasilnya dilaporkan tadi, salah satu sumber konfirmasi langsung ke Panji, akan tetapi itu salah satu saja, ada sumber-sumber lain yang kemudian digali oleh tim dan tadi juga sudah dilaporkan,” ungkapnya.

Kemudian, jelasnya, poin-poin tersebut akan dikaji secara mendalam oleh Tim Fatwa MUI. Niam memastikan hasil kajian tersebut berupa fatwa akan dikeluarkan pada pekan ini. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat