visitaaponce.com

Rayakan HUT Jakarta Ke-496, Pos Bloc Gelar Pameran Seni

Rayakan HUT Jakarta Ke-496, Pos Bloc Gelar Pameran Seni
Pameran seni JACARTRA: Merayakan Keberagaman, Memberdayakan Pemuda di Pos Bloc.(MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan)

POS Bloc Jakarta, sebuah ruang kolaborasi dan ruang seni di Jakarta Pusat, kembali menghadirkan kegiatan seni. Dalam acara "JACARTRA: Merayakan Keberagaman, Memberdayakan Pemuda," Pos Bloc mengundang 31 seniman muda untuk merayakan Ulang Tahun Jakarta yang ke-496 dan merespons Jakarta sebagai "rumah". 

Kata "Jacartra" diambil dari kata Jacatra yang diadaptasi dari Fort Jacatra, salah satu benteng pertama yang dibangun VOC ketika mereka pertama kali tiba di kota Jayakarta, yang kemudian menjadi pusat kota Jayakarta.

“Dasar filosofis ini yang kemudian diangkat Pos Bloc, dengan nilai filosofis dari nama tersebut mengartikan bahwa Pos Bloc akan selalu menjadi salah satu kantong kebudayaan, dan membuka lebar setiap aktivitas berkesenian, dan kebudayaan di area Jakarta Pusat. Melalui pilot project ini, ke depannya, Pos Bloc terus konsisten untuk hadir sebagai ruang kolaborasi dan berkesenian,” jelas Program Koordinator Pos Bloc Jakarta Radityo Kusumo Nirbita.

Baca juga : Perayaan Tiga Dasawarsa Prasidha Dalam Balutan Karya

Sejak diresmikan pada 10 Oktober 2021, Pos Bloc Jakarta telah fokus menjaga nilai seni yang hadir saat ini. Harapannya, dengan menyelenggarakan Pameran Seni Rupa "Jacartra," Pos Bloc dapat terus memberikan ruang kolaborasi bagi pelaku budaya untuk mengekspresikan dan memperkenalkan karya mereka. 

Identitas Jakarta Pusat sebagai Pusat Ibu Kota menjadi dasar penyelenggaraan acara ini, yang mengembalikan esensi "pusat" sebagai tempat para kreatif, komunitas seni, dan pemangku kebudayaan berkumpul untuk berkembang dan menggali kembali identitas asli kota ini dari ruang dan nama. 

Mengingat Fort Jacatra juga merupakan benteng pelindung dan pusat kota, konsep ini dihadirkan sebagai pengingat bahwa Pos Bloc Jakarta, dengan tagline Art, Culture, and Entertainment in Herritage Place, mampu terus menghadirkan keberagaman kreativitas, seni, dan komunitas.

Baca juga :  ART SG 2024 Bakal Pamerkan Karya Seni dari 116 Galeri di Dunia

Pameran Seni Rupa Jacartra ini diinisiasi oleh Radityo Kusumo Nirbita, Koordinator Program Pos Bloc Jakarta, bekerja sama dengan Irvin Domi sebagai Direktur Artistik untuk merancang ruang pameran, mengatur program acara, mengundang 31 seniman, dan menghargai kontribusi semua peserta pameran.

Acara pembukaan Pameran Seni Rupa "Jacartra" dimulai dengan penampilan musik reggae oleh grup musik Warkop Bahagia, dilanjutkan dengan pembukaan resmi oleh MC, kata sambutan dari Koordinator Program Pos Bloc Jakarta Radityo Kusumo Nirbita dan Direktur Artistik Irvin Domi, serta ditutup dengan penampilan karaoke oleh DJ Ompong Bahagia.

Pameran Seni Rupa Jacartra akan berlangsung selama 10 hari, mulai dari 30 Juni hingga 9 Juli 2023. 

Baca juga : Torehan Seni Intaglio Goenawan Mohamad dalam Santiran

Selain pameran yang mengangkat tema Ulang Tahun Jakarta dan respons seniman terhadap Jakarta, juga ada kehadiran Becuz Apparel, sebuah usaha cinderamata khusus Jakarta dengan sentuhan Betawi, yang memberikan dukungan penuh untuk pameran ini. 

Dukungan juga diberikan Nu Sunrise. Di bidang kuliner, Pos Bloc Jakarta juga menyajikan makanan khas Betawi yang disiapkan kuliner lokal sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya Betawi dan Jakarta sebagai "rumah".

Pameran seni rupa ini juga akan menyelenggarakan lokakarya dan kegiatan budaya lainnya dari seniman-seniman Jakarta, termasuk dari beberapa mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, Clay Cafe, dan komunitas kreatif lainnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat