visitaaponce.com

Banyak yang Gagal, Korlantas Polri Akhirnya Terbitkan Buku Panduan Ujian SIM

Banyak yang Gagal, Korlantas Polri Akhirnya Terbitkan Buku Panduan Ujian SIM
Warga mengikuti ujian praktek Surat Ijin Mengemudi (SIM)(Antara)

KEPALA Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan pihaknya sudah menerbitkan buku panduan ujian surat izin mengemudi (SIM). Hal ini merespons perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo supaya memudahkan menerbitkan SIM bagi masyarakat.

"Bapak Kapolri memerintahkan kami untuk membantu masyarakat dalam memudahkan proses perolehan SIM dan kami menjawab kami mencetakan buku soalnya pak SIM A dan SIM C," kata Firman dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR dengan Korlantas Polri di Ruang Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, (5/7). 

Firman mengatakan masyarakat dapat belajar terlebih dahulu melalui panduan itu sebelum mengikuti tes. Ia menjamin masyarakat akan mudah mendapat SIM bila mempelajari buku tersebut.

Baca juga : Survei: Bikin SIM Pelayanan Polri yang Paling Merepotkan

"Buku ini kita bagikan gratis bisa dilihat di aplikasi apabila tidak ada yang dicetak. Semoga ini jawaban kami sebagai tindak lanjut arahan pimpinan untuk memudahkan masyarakat memperoleh SIM sesuai dengan kemampuan yang mereka bisa pelajari lebih awal," ujar Firman.

Baca juga : Korlantas Polri: Sertifikat Mengemudi Syarat SIM belum Diberlakukan

Sebelumnya, Kapolri Listyo meminta Korlantas mempermudah proses ujian praktik pembuatan SIM. Setiap tes yang sudah tidak relevan diminta diperbaiki.

Listyo meminta proses ujian SIM fokus terhadap keterampilan pengendara saat berkendara. Serta, keselamatan para pengguna jalan.

"Saya minta Kakorlantas (Irjen Firman Santyabudi) tolong untuk lakukan perbaikan, yang namanya angka 8 itu masih sesuai atau tidak, yang melewati zig-zag itu sesuai atau tidak. Kalau sudah tidak relevan tolong diperbaiki," kata Listyo. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat