visitaaponce.com

Solusi Kemacetan Versi Ketua DPRD DKI Jakarta

Solusi Kemacetan Versi Ketua DPRD DKI Jakarta
Kemacetan terjadi di kawasan jalan Benyamin Sueb arah Pekan Raya Jakarta (PRJ) Jiexpo, Jakarta, Kamis (29/6).(MI/ADAM DWI)

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengusulkan sejumlah solusi menangani kemacetan Ibu Kota. Pras berkaca dari pengalamannya saat kunjungan kerja ke Jepang.

"Salah satu contoh adalah satu rumah punya satu garasi ya mobilnya satu. Ini solusinya dan saya minta aturan-aturan itu dipakai," kata Prasetyo dalam focus group discussion (FGD) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (6/7).

Prasetyo menilai penerapan solusi itu tidak sulit. Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah memiliki segudang aturan.

Baca juga: Dishub DKI Perbanyak Perangkat AI Pengurai Kemacetan

"Jakarta sebetulnya kalau macet masih bisa dihalangi dengan aturan-aturan yang sudah ada di perda-perda (peraturan daerah) kita," papar dia.

Prasetyo menyebut usulan kedua, yakni membuka jalan tembusan di klaster perumahan. Sayangnya, alternatif jalan pengurai kemacetan itu kerap ditutup oleh pihak pengembang perumahan.

"Seenaknya dia saja dia tutup. Kita tidak bisa lewat, yang terjadi (jalan) protokol lagi yang dikejar. Ya macet," ujar dia.

Baca juga: Pasang AI Pengurai Kemacetan, Pemprov DKI Siapkan Anggaran Rp130 Miliar

Selain itu, Prasetyo menyentil upaya Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang dinilai kurang maksimal. Dia berharap ada keputusan dan langkah konkret dari FGD tersebut.

"Jangan sok cegat-cegat mobil orang. Akhirnya apa yang terjadi? Macet lagi," tutur dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat