visitaaponce.com

Dishub DKI Perbanyak Perangkat AI Pengurai Kemacetan

Dishub DKI Perbanyak Perangkat AI Pengurai Kemacetan
Ilustrasi(Antara)

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menambah perangkat teknologi buatan (artificial intelligence/AI) bernama Network Operation Centre (NOS) Intelligent Traffic light System (ITS) di 40 titik persimpangan di daerah pinggiran Jakarta.

AI itu berfungsi untuk mengurangi kemacetan atau penumpukan kendaraan saat lampu merah. Teknologi tersebut akan memberikan prioritas lampu hijau untuk arus kendaraan yang lebih padat.

"Sekarang prioritasnya adalah di garis luarnya, seperti contoh di Daan Mogot, di Gatot Subroto sepanjang Jalan Raya Bogor, S. Parman, Ahmad Yani, dan seterusnya," ujar Syafrin di Gedung Dinas Teknis, Jakarta Pusat, Selasa (4/7).

Baca juga: NOS ITS DKI Diklaim Mampu Kurangi Antrean Kemacetan hingga 20 Persen

Saat ini, Dishub DKI Jakarta sudah memasang perangkat NOS ITS itu di 20 simpang yang tersebar di pusat kota.

Dari upaya tersebut, Syafrin mengklaim angka kemacetan bisa ditekan sampai 20%. Ia menargetkan, dengan total 60 perangkat di 60 persimpangan, angka kemacetan bisa berkurang sampai 48%.

Baca juga: Pembangunan Stasiun KRL di Kawasan JIS Sudah 30%

"Sejak April tahun ini, terpantau bahwa terjadi efisiensi dari sisi pengurangan antrean kendaraan sekitar 20% di sekitar 20 persimpangan titik yang terpasang," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat