visitaaponce.com

Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka

Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka
Anggota Paskibraka Kachina Ozora mencium bendera saat Upacara Pengukuhan Paskibraka di Istana Negara, Selasa (15/8).(ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)

PEMERINTAH bakal menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8). Rangkain acara telah tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 761 /M/S/TU.OO.04/08/2023 tentang pedoman peringatan HUT ke-78 RI Tahun 2023. 

Acara akan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Diawali dengan kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari kawasan silang Monumen Nasional (Monas) menuju ke halaman Istana Merdeka melalui Jalan Medan Merdeka Barat. 

Kemudian pada pukul 09.00 WIB akan ditampilkan pertunjukan kesenian di halaman Istana Merdeka. Berlanjut dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Warga Flotim Gelar Pawai Obor Sambut HUT Ke-78 RI

Setelah upacara selesai dilakukan, akan ada telekonferensi dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur secara virtual. Selanjutnya akan ada atraksi pesawat udara dari TNI Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian Republik Indonesia.

Kemudian pada pukul 11.08 WIB, peserta dan undangan akan dihibur dengan berbagai pertunjukan musik. Salah satunya penampilan grup musik hip-hop asal Jayapura, Papua, Shine of Black. 

Sore harinya, akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian sekitar pukul 15.45 WIB. Selanjutnya akan diadakan upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Karnaval HUT Kemerdekaan di Lembang Berlangsung Meriah

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, peringatan HUT RI kali ini akan berlangsung lebih meriah. Mengingat status pandemi covid-19 telah dicabut.

"Selamat pagi. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia besok akan lebih meriah. Masyarakat ikut terlibat serta mengikuti kegiatan perayaan di istana," ujar Jokowi dalam unggahan di akun @jokowi di Instagram pada Rabu (16/8).  (Bob)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat