visitaaponce.com

Karnaval HUT Kemerdekaan di Lembang Berlangsung Meriah

Karnaval HUT Kemerdekaan di Lembang Berlangsung Meriah
Karnaval HUT Kemerdekaan RI di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jabar, Rabu (16/8).(MI/Depi Gunawan)

BELASAN ribu masyarakat tumpah ruah memadati ruas jalan untuk terlibat langsung maupun sekedar menyaksikan karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (16/8).

Kegiatan diikuti ribuan peserta mulai dari sekolah, komunitas, lembaga pendidikan, ormas/LSM hingga ribuan warga dari 16 desa di Kecamatan Lembang. Para peserta juga turut membawa berbagai maskot, bermacam replika raksasa, hingga hasil bumi dan lain-lainnya.

Rute karnaval dimulai dari Jalan Grand Hotel dan berakhir di Alun-alun Lembang sejauh 1 kilometer. Meski dilanda cuaca panas namun tak menyurutkan peserta serta warga untuk terlibat dalam kegiatan tahunan tersebut.

Baca juga : Inspirasi Kostum Karnaval 17 Agustus Simpel dan Unik

Ketua panitia, Ali Kurniawan menyebutkan, setidaknya ada sekitar seribuan peserta turut ambil bagian dalam karnaval Kemerdekaan RI tahun ini.

"Peserta datang dari berbagai penjuru Lembang, alhamdulillah peserta antusias sekali dengan membawa beraneka hiasan, ornamen. Bahkan beberapa desa membawa sayur mayur yang langsung dibagikan kepada warga dan penonton," kata Ali di Alun-alun Lembang.

Baca juga : Rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-78 Diawali dari Monas. Ini Detail Acaranya

Untuk jumlah penonton, Ali menambahkan, diperkirakan mencapai lebih dari 10 ribu orang yang telah menunggu dari pinggir jalan sejak pagi, padahal karnaval baru dimulai sekitar jam 1 siang.

"Walaupun penonton sangat membludak tapi mereka tidak sampai mengganggu acara," ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengaku, acara karnaval di Lembang sangat meriah ditambah dengan antusiasme penonton yang luar biasa.

"Terharu ya, mungkin persiapan mereka sejak pagi dengan kemacetan yang luar biasa karena banyaknya peserta tapi masih tetap semangat. Tentu ini menjadi momentum menguatkan persatuan kesatuan kita, perkuat gotong royong," kata Hengky.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas diberlakukan selama karnaval sehingga membuat ruas jalan utama di Lembang mengalami kemacetan parah. Sekitar 200 petugas gabungan dari kepolisian, Dishub dan Satpol PP diturunkan untuk mengatur lalu lintas dan selama kegiatan berlangsung. Lalu lintas mencair saat karnaval beres sekitar pukul 16.30 WIB. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat